Baznas Gresik Adakan Pelatihan Entrepreneurship untuk Pemuda dan Mahasiswa

Baznas Gresik Adakan Pelatihan Entrepreneurship untuk Pemuda dan Mahasiswa Dewan Penasehat Baznas Gresik Muslih saat memberikan paparan. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Gresik berupaya turut melakukan pemberdayaan terhadap generasi muda. Sabtu (30/9/2017), Baznas menggelar Pelatihan Entrepreneurship di Hotel Saptanawa.

Kegiatan tersebut diikuti oleh ratusan pemuda dan mahasiswa perwakilan dari sejumlah Perguruan Tinggi (PT) di Kabupaten Gresik. Mereka digembleng berbagai skill entrepreneurship untuk bekal mereka dalam bekerja, dan berusaha.

Dewan Penasehat Baznas Gresik, Muslih, di hadapan ratusan peserta pelatihan entrepreneurship menyatakan, bahwa skill sangat penting dimiliki para pemuda dan mahasiswa yang ingin berusaha. Sebab dengan memiliki skill, pemuda dan mahasiswa bisa berdaya dan produktif.

Ia kemudian memberikan contoh sebuah usaha yang bisa digeluti oleh para pemuda dan mahasiswa untuk mendapatkan pundi-pundi penghasilan. "Misalnya, usaha jual air galon. Untuk usaha satu ini agar tidak rugi dan mendapatkan keuntungan, maka harus dilakukan manajemen dengan baik, mulai dari modal usaha, biaya yang dikeluarkan baik untuk beli bahan baku, transport, bayar pegawai dan seterusnya. Kemudian, keuntungan yang didapatkan dari usaha tersebut. Jadi, harus dimanaj betul agar usahanya tetap eksis dan mendapatkan untung," jelasnya.

Pada pelatihan entrepreneurship tersebut, para peserta diberikan kesempatan untuk bertanya soal cara-cara berusaha yang baik, soal usaha yang tengah digeluti, problem yang dihadapi dan persoalan usaha lain.

Sementara Muslih Kepada BANGSAONLINE.com menyatakan, bahwa pelatihan entrepreneurship ini sangat penting. Mengingat, banyak pemuda, khususnya mahasiswa, yang setelah lulus kuliah ingin menggeluti usaha namun bingung apa yang harus dilakukan.

"Makanya, bekal pelatihan entrepreneurship ini bisa dijadikan modal ilmu untuk memulai maupun mengembangkan usaha. Mudah-mudahan dengan pelatihan tersebut pemuda dan lulusan mahasiswa kita bisa menjadi pengusaha handal," pungkasnya. (hud/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO