Bupati Gresik Salurkan Beasiswa Senilai Rp155 Juta untuk Mahasiswa Tidak Mampu

Bupati Gresik Salurkan Beasiswa Senilai Rp155 Juta untuk Mahasiswa Tidak Mampu Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani saat hadir dalam penyerahan beasiswa untuk mahasiswa dari keluarga tak mampu. Foto: SYUHUD/BANGSAONLINE.com

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Fandi Akhmad Yani menyerahkan beasiswa produktif senilai Rp155 juta kepada 96 mahasiswa dari keluarga tidak mampu, Senin (27/11/2023).

Beasiswa tersebut, dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Gresik yang diberikan secara langsung para mahasiswa tersebut. Rinciannya, 69 mahasiswa internal, yang merupakan warga Gresik yang kuliah di Gresik, dan 27 mahasiswa eksternal yang merupakan warga Gresik, kuliah di luar Gresik.

Mahasiswa Internal, mendapatkan beasiswa sebesar Rp1.500.000/semester. Sementara mahasiswa eksternal mendapatkan uang beasiswa sebesar Rp 2.000.000/semester.

Selain itu, para mahasiswa tersebut, akan mendapatkan hingga semester 8 perkuliahan. Sehingga, beasiswa yang disalurkan Baznas ke Gresik pada tahun 2023, mencapai Rp155.000.000.

"Semua mahasiswa yang mendapat bantuan dari Baznas adalah mahasiswa dari keluarga kurang mampu. Itu sesuai ketentuan bahwa zakat itu harus disalurkan kepada kelompok-kelompok tertentu," ucap Ketua Baznas Kabupaten Gresik, Muhammad Mujib.

Sementara itu, bupati mengapresiasi program beasiswa produktif Baznas. Menurutnya, program semacam ini, akan mendukung keberhasilan bonus demografi yang tengah dipersiapkan oleh pemerintah.

"Kami sangat konsen dalam bidang pendidikan. Mulai tahun depan, yang akan kita perkuat adalah keterampilan, talenta, skill, vokasi anak-anak muda di Kabupaten Gresik. Ini adalah bekal kesuksesan mereka, jadi pekerjaan rumah kita adalah bagaimana pemerintah daerah bersama rekan-rekan Baznas baik Gresik maupun Jawa Timur fokus dalam hal tersebut. Bonus demografi harus dimulai dari sekarang, salah satu caranya adalah dengan mendorong pendidikan mereka," ucap bupati.

Lihat juga video 'Viral! Video Manusia Menikahi Kambing di Gresik, Bupati Mengecam: Jahiliyah!':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO