Pasca Gempa Meksiko, BPBD Pacitan Imbau Masyarakat tak Panik

Pasca Gempa Meksiko, BPBD Pacitan Imbau Masyarakat tak Panik Tri Mujiharto

PACITAN, BANGSAONLINE.com - BPBD mengimbau agar masyarakat tak panik pasca terjadinya gempa di Meksiko yang memakan ratusan korban jiwa. Sebab, lempeng bumi yang membentang di negara itu tidak ‎berkait dengan lempeng bumi yang ada di Indo Australia maupun Indonesia. Hal tersebut sebagaimana diungkapkan Tri Mujiharto, Kepala Pelaksana BPBD , Minggu (24/9).

Tri berharap masyarakat di Indonesia, khususnya , tidak mudah terhasut oleh isu-isu yang tidak benar terkait akan adanya gempa sebagaimana terjadi di Meksiko tersebut. 

"Sejauh ini belum ada kemampuan ilmu pengetahuan ataupun kecanggihan teknologi yang bisa memprediksi kapan terjadinya gempa tektonik. Karena itu masyarakat kami imbau tetap tenang, namun tetap waspada. Sebab yang namanya gempa bisa terjadi sewaktu-waktu. Apalagi di potensi terjadinya gempa memang sangat memungkinkan," jelasnya.

"Justru yang lebih diwaspadai saat ini kemungkinan adanya serangan penyakit seiring akan bergantinya musim kemarau ke penghujan. ‎Biasanya, pada masa transisi musim seperti sekarang ini rentan sekali terjadi wabah penyakit. Kalau soal bencana alam seperti halnya banjir maupun tanah longsor, masih kecil kemungkinannya. Potensi itu dimungkinkan baru akan berlangsung sekitar akhir Oktober atau awal November nanti. Akan tetapi semua itu tak lepas dari campur tangan yang di atas. Yang pasti, kita harus lebih berhati-hati dan tetap menjaga kewaspadaan akan segala kemungkinan yang akan tejadi. Termasuk bencana alam dan sebagainya," pungkasnya. (yun/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO