Korps Hiu Kencana Genap Berusia 58 Tahun

Korps Hiu Kencana Genap Berusia 58 Tahun

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Korps Hiu Kencana Genap Berusia 58 Tahun. Peringatan Korps Hiu Kencana ke-58 dalam upacara militer ini didelar dengan sederhana namun khidmat dalam upacara yang dipimpin Komandan Satuan Kapal Selam (Dansatsel) Koarmatim Kolonel Laut (P) Iwa Kartiwa di Lapangan Gedung Candrasa Koarmatim, Ujung Surabaya, Selasa (12/09/2017).

Pangarmatim Laksda TNI Darwanto, S.H., M.A.P., dalam amanatnya yang dibacakan oleh Dansatsel Koarmatim menyampaikan bahwa Indonesia merupakan salah satu dari negara di dunia yang sejak awal telah memgoperasikan Armada Kapal Selam untuk operasi tempur dan operasi pertahanan di laut sejak tanggal 12 September 1959. ALRI telah memperkuat dengan kehadiran kapal selam jenis Whiskey-Class buatan Uni Soviet dan pada tahun 1962 Indonesia memiliki kapal selam sebanyak 12 unit. Hal inilah yang menjadikan Indonesia sebagai negara yang memiliki kekuatan Angkatan Laut terbesar di kawasan Asia Tenggara.

Pada pelaksanaan hari ulang tahun Hiu kencana yang ke-58 saat ini, satuan kapal selam Koarmatim menerima kedatangan kapal selam baru yaitu KRI Nagapasa-403 buatan Korea Selatan seminggu lalu. Kapal tersebut disambut oleh Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P., Dan dalam waktu dekat juga akan menyusul dua kapal selam baru untuk memperkuat jajaran Satuan Kapal Selam Koarmatim.

"Kita semua berharap dengan adanya penambahan kekuatan kapal selam akan meningkatkan kekuatan pertahanan laut sekaligus meningkatkan daya tangkal di kawasan regional. Pada kesempatan ini saya mengucapkan "selamat ulang tahun Hiu Kencana ke-58, “Wira Ananta Rudira” yang berarti “Tabah Sampai Akhir”, semoga semangat pengabdian yang telah ditunjukkan selama ini dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan," pesan Pangarmatim.

Usai upacara dilanjutkan acara ramah tamah dan pemotongan tumpeng oleh Kasarmatim Laksamana Pertama (Laksma) TNI Robert Wolter Tappangan, S.H., diberikan kepada perwakilan Perwira termuda Satselarmatim.

Hadir dalam acara tersebut, Dansatgas Yekda Kapal Selam Laksma TNI Iwan Isnurwanto, M.A.P., M.Tr.(Han)., Komandan Guskamlatim Laksamana Pertama TNI I.N.G Sudihartawan,S.Pi., para Komandan Kapal Selam, para mantan Komandan Kapal selam Koarmatim, perwakilan Perwira Satselarmatim serta para undangan lainnya. (*)

Sumber: *Dispen Armatim

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO