Awasi Tahapan Pilgub Jatim, Panwaslu Sidoarjo segera Rekrut Panwascam

Awasi Tahapan Pilgub Jatim, Panwaslu Sidoarjo segera Rekrut Panwascam KOORDINASI: Dari kiri ke kanan, Komisioner Panwaslu Sidoarjo, M Rasul, Agung Nugraha dan Jamil menggelar rapat koordinasi, di Warkop Jl Pahlawan, Senin (11/9). foto: mustain/ BANGSAONLINE

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kabupaten Sidoarjo segera merekrut Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) yang berjumlah masing-masing 3 orang pada 18 Kecamatan se-Sidoarjo.

Rekrutmen Panwascam ini bagian dari upaya Panwaslu untuk mengawal proses Pilgub Jatim 2018, tidak sekadar pada hasil.

Ketua Panwaslu Kabupaten Sidoarjo, Drs Muhammad Rasul mengatakan, pihaknya telah membentuk Kelompok Kerja (Pokja) Rekrutmen Panwascam. "Tugas Pokja ini melakukan seleksi dan rekrutmen Panwascam hingga selesai," cetus Rasul kepada BANGSAONLINE.com, Senin (11/9).

Rasul menyebut, rekrutmen Panwascam ini ditarget rampung pada awal Oktober 2017. Ini dalam rangka menyikapi tahapan Pilgub Jatim, di mana berdasarkan PKPU Nomor 1/Tahun 2017, tentang tahapan Pilgub Jatim, diawali dengan pembentukan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). Selain itu juga pemutakhiran data pemilih.

Rasul menegaskan, berdasarkan UU Nomor 10 Tahun 2016, Panwaslu Kabupaten/Kota diberi mandat untuk ikut mengawasi rekrutmen PPK, PPS, dan KPPS. "Karena itu kami akan bekerja sesuai mandat UU tersebut," tandasnya seraya menyebut ini sebuah kewenangan yang secara jelas tersurat, untuk ikut serta mengawasi seleksi penyelenggara pemilu tersebut.

Pokja ini diketuai komisioner Panwaslu Sidoarjo, Jamil SH, MH yang juga Divisi SDM dan Organisasi. Sedangkan sekretaris Pokja, dijabat komisioner Panwaslu Sidoarjo, Agung Nugraha, SH, yang juga Divisi Penanganan Pelanggaran Pemilu. "Rekrutmen Panwascam ini akan kami umumkan tanggal 18 September 2017, " beber Rasul didampingi Jamil dan Agung Nugraha.

Ketua Pokja Rekrutmen Panwascam, Jamil SH, MH menambahkan, persyaratan pendaftaran calon Panwascam bakal diumumkan di antaranya pada kantor Kecamatan dan kantor Bakesbangpol. Kata dia, nantinya tes tulis akan dilakukan serentak se-Jawa Timur. "Ini untuk mengantisipasi potensi soal bocor," tandas Agung Nugraha.

Selain menyiapkan rekrutmen Panwascam, Panwaslu Sidoarjo juga tengah berkoordinasi dengan Pemkab untuk kebutuhan kantor dan sekretariatan. Rasul mengaku pihaknya telah berkomunikasi awal dengan Sekda Sidoarjo Djoko Sartono untuk pemenuhan kebutuhan kantor dan tenaga sekretariat. (sta/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO