Rabu, 21 Februari 2018 14:26

Khawatir Jadi Kota Mati, Pemkab Situbondo akan Sulap Jalan Irian Jaya Seperti Malioboro

Jumat, 18 Agustus 2017 23:41 WIB
Wartawan: Mursidi
Khawatir Jadi Kota Mati, Pemkab Situbondo akan Sulap Jalan Irian Jaya Seperti Malioboro
Jalan Irian Jaya di Kelurahan Mimbaan Panji, Situbondo.

SITUBONDO, BANGSAONLINE.com - Pembangunan jalan tol Pasuruan-Banyuwangi dinilai bakal mengancam kehidupan ekonomi masyarakat Situbondo terutama yang mempunyai usaha di sepanjang jalan pantura.

Selain mengancam kehidupan ekonomi masyarakat, oleh banyak kalangan, Kabupaten Situbondo juga diperkirakan menjadi "Kota Mati" bila jalan tol Pasuruan-Banyuwangi beroperasi.

"Kalau jalan tol Pasuruan-Banyuwangi selesai, Situbondo terancam jadi kota mati. Makanya Pemkab akan membangun kawasan wisata terpadu. Seperti di jalan Irian Jaya akan kita jadikan seperti Malioboro di Jogjakarta," kata Bupati Situbondo, Dadang Wigiarto.

Menurut Dadang, untuk mengantisipasi dampak negatif pembangunan jalan tol Pasuruan-Banyuwangi, pihaknya telah menyiapkan tiga klaster pembangunan menyambut pembangunan jalan tol tersebut. yaitu pembangunan pintu keluar-masuk di wilayah barat, tengah dan timur.

"Untuk wilayah barat dan timur kami akan fokus menawarkan kawasan wisata terpadu," ujarnya.

Sejumlah kawasan wisata yang ditawarkan di wilayah barat, situs Rengganis Gunung Argopuro, air mancur Talempong, wisata bahari Tampora, Taman Bakau, Pasir Putih dan Kampung Kerapu.

"Kalau wilayah tengah, Pemkab ingin menawarkan kuliner yang bisa menarik perhatian wisatawan. Sementara di wilayah timur ada taman Nasional Baluran, Waduk Bajul Mati dan desa kebangsaan," terang Dadang Wigiarto.

Lebih lanjut Dadang mengatakan, bahwa selain tempat wisata yang disebutkan, masih banyak potensi wisata lain di Situbondo yang akan dikembangkan. Namun pengembangan kawasan wisata butuh waktu. Selain terbentur masalah anggaran, membangun kawasan wisata juga butuh partisipasi dari masyarakat.

"Ini ke depan tantangan Situbondo semakin berat. Makanya perlu adanya partisipasi dan kreatifitas semua komponen masyarakat Situbondo untuk menaikan daya saing daerah," pungkasnya. (mur/had/rev)

Oleh: Suparto Wijoyo*
Rabu, 14 Februari 2018 15:29 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*PILGUB Jatim “airnya kini berombak” sepertahutan kabar yang beredar: PWNU dinilai akrobat dengan tidak “menerima permohonan silaturahmi” Khofifah Indar Parawansa. Sikap telah diambil dan pilihan sudah ditentukan Ketua PWN...
Sabtu, 17 Februari 2018 22:42 WIB
Oleh: Dr. KHA Musta'in Syafi'ie M.Ag. . .  Subhaana alladzii asraa bi’abdihi laylan mina almasjidi alharaami ilaa almasjidi al-aqshaa alladzii baaraknaa hawlahu linuriyahu min aayaatinaa innahu huwa alssamii’u albashiiru (1).Baik ayat ya...
Sabtu, 17 Februari 2018 11:26 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<...
Senin, 19 Februari 2018 22:59 WIB
LONDON, BANGSAONLINE.com – Sebuah karya foto ditampilkan artis cantik Katie Price. Dalam foto yang diposting di Instagram itu, tampak dia telanjang bulat lalu dilumuri coklat. Jadi kepingin menjilati nih....."Oh sayang, saya mencoba mandi coklat b...