Lahan Pertanian di Kesamben Jombang akan Dibangun Industri

Lahan Pertanian di Kesamben Jombang akan Dibangun Industri Lokasi rencana pendirian pabrik penetasan telur di lahan pertanian di Desa Watudakon, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Jombang. foto: ROMZA/ BANGSAONLINE

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Lahan pertanian di Desa Watudakon, Kecamatan Kesamben, Kabupaten ternyata akan dialihfungsikan menjadi lokasi industri. Hingga kini, industri penetasan telur di lahan pertanian tersebut sudah mulai dilangsungkan pengurukan.

Sejumlah truk hilir-mudik memasuki area pertanian yang menjadi lokasi pendirian pabrik seluas 27 meter persegi tersebut. Padahal di sekitar lokasi itu merupakan area persawahan produktif. “Ini truk mengangkut bahan material untuk pembangunan pabrik penetasan telur. Tanahnya sudah dibeli oleh pihak pabrik dan dilunasi pembayarannya sebelum lebaran idul fitri kemarin,” ujar Darsono, penjaga lokasi pendirian pabrik tersebut, Selasa (18/7/2017).

Menurut Darsono, warga setempat sudah dilibatkan dalam proses perencanaan pendirian pabrik tersebut. “Sudah dilibatkan, waktu itu memang ada wacana kalau berdiri (industri) yang dianggap mengganggu lingkungan akan ditolak, tapi kalau penetasan telur kan ndak,” tandasnya.

Terpisah, Wakil Ketua DPRD , Minardi yang rumahnya tidak jauh dari lokasi pendirian pabrik tersebut mengatakan belum tahu proses berdirinya industri di atas lahan pertanian itu. “Saya juga tidak tahu alur pelepasan lahan eks (tanah) gogol tersebut. Justru warga menanyakan ke saya, asumsi saya, karena kurangnya informasi atau sosialisasi hingga menjadi pertanyaan oleh warga,” ujar Minardi singkat. (rom)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Video Vanessa Angel dan Suami Kecelakaan di Tol Jombang, Anak Selamat':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO