Sikapi Polemik Revitalisasi Alun-Alun, Bupati Sambari Bakal Kumpulkan Lagi Pihak-pihak Terkait

Sikapi Polemik Revitalisasi Alun-Alun, Bupati Sambari Bakal Kumpulkan Lagi Pihak-pihak Terkait Maket desain revitalisasi Alun-Alun Gresik. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Pro kontra proyek revitalisasi akhirnya disikapi serius Bupati Gresik Dr. Sambari Halim Radianto. Ia memutuskan bakal mengumpulkan lagi berbagai pihak terkait untuk membahas proyek tersebut.

“Kami akan mengundang sejumlah kiai, organisasi masyarakat, tokoh masyarakat, ahli sejarah, budayawan, LSM, organisasi, pemuda serta semua unsur masyarakat untuk berdialog,” kata Sambari saat menemui perwakilan pendemo di ruang Graita Eka Praja kantor Pemkab Gresik, Senin (17/7/2017).

Sementara Kepala Bagian Humas dan Protokol Pemkab Gresik Suyono menegaskan bahwa Alun-Alun bakal tetap berfungsi sebagaimana mestinya pasca revitalisasi rampung. Kata dia, revitalisasi hanya akan mengubah wajah dan menata Alun-Alun agar lebih cantik dan representatif.

Nantinya, Suyono menjelaskan, selain taman bermain, Alun-Alun bakal dilengkapi jogging track, tempat jalan-jalan. “Pembangunan itu sifatnya umum, bukan untuk umat Islam saja. Tapi kalau di sana Pemkab Gresik mendirikan Islamic Centre (IC) maka dibangun di bekas Kantor Pemkab Gresik (sekarang Dispendukcapil). Saya kira tidak salah. Karena di sana yang berdekatan dengan Masjid Jami’ Gresik adalah termasuk kawasan religi,” jelas Suyono saat ditemui di kantornya, Senin (17/7/2017).

Beberapa bagian lain terkait dengan revitalisasi Alun-Alun Kota tersebut yaitu, Kantor DPRD akan dijadikan museum, pendopo dan rumah dinas Bupati akan dijadikan tempat wisata religi untuk mendukung keberadaan Makam Raden Santri, makam Nyai Ageng Pinatih dan makam Kanjeng Pusponegoro.

Suyono menyatakan, bahwa proyek revitalisasi ini juga sudah sering disosialisasikan Bupati Sambari dan Wabup Qosim di setiap acara. "Puncaknya, Pemkab Gresik mengadakan sosialisasi resmi yang dilaksanakan pada Kamis, 16 Maret 2017 di Gedung Puteri Mijil," katanya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO