TNI AL dan US. Navy Tandatangani Kesepakatan Latihan Carat 2017

TNI AL dan US. Navy Tandatangani Kesepakatan Latihan Carat 2017

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ketua Delegasi Indonesia dari Kolonel Laut (P) Agus Hariadi bersama Ketua Delegasi Amerika dari US.Navy yaitu Comdesron 7 Captain Alexis T. Walker secara resmi menutup Final Planning Conference FPC Carat 2017, bertempat di Terrace Room Hotel Sheraton, Surabaya, Jum'at (14/07/2017).

Penutupan ini sebagai tindaklanjut dari Coorperation Afloat Readiness and Training (CARAT) tahun 2017 antara TNI Angkatan Laut dan US. Navy yang telah berlangsung selama tiga hari. Selama kegiatan yang dipandu oleh LCDR Emilie Krajan, pada hari terakhir FPC Carat 2017 ini diputuskan kesepakatan tentang jadwal kegiatan, kesiapan personel, materiel, pengamanan, logistic, lokasi latihan, dll.

Carat 2017 sendiri akan dilaksanakan mulai tanggal 7 s.d. 13 September 2017 di wilayah Surabaya dan sekitarnya ini, Kolonel Laut (P) Agus Hariadi dan Captain Alexis T. Walker menandai penutupan dengan penandatanganan hasil resume FPC Carat 2017.

Setelah penandatanganan, Ketua Delegasi Indonesia dan Ketua Delegasi Amerika tersebut melaksanakan saling tukar cinderamata berupa pertukaran medal dari satuan masing-masing, yang dilanjutkan dengan penyerahan foto oleh Kolonel Agus sebagai tanda kenang-kenangan untuk Captain Alexis saat melaksanakan foto bersama dengan Pangarmatim Laksda TNI Darwanto, S.H., M.A.P., di patung Monjaya.

"Dalam beberapa hari terakhir, kita telah membahas banyak hal yang disampaikan dalam FPC Carat 2017, dan akhirnya kita dapat memutuskan dan menyepakati berbagai kegaiatan Carat antara dan US. Navy," ujar Kolonel Laut (P) Agus Hariadi dalam sambutannya.

“Merupakan kehormatan besar bagi saya bekerja sama dengan seluruh peserta Carat 2017, latihan bersama yang bertujuan meningkatkan saling pengertian antara kedua negara ini akan memberi banyak manfaat bagi Indonesia dan Amerika Serikat. Dalam pertemuan ini kita telah menyetujui beberapa hal seperti fase komando dan pengendalian operasi, dan beberapa bidang lainnya seperti Public Affair, dukungan logistik, dukungan medis dll,” ujar pria yang akan menjabat Komandan Satkor Koarmatim ini.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Kolonel Laut (P) Agus Hariadi mengungkapkan harapannya agar latihan Carat 2017 berjalan dengan lancar, aman dan berlanjut di tahun-tahun mendatang. Pamen berpangkat melati tiga dipundak tersebut juga mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh delegasi baik dari angkatan laut Amerika dan Indonesia atas dedikasinya dan profesionalisme semoga kita bisa bertemu di bulan September untuk melaksanakan latihan Carat 2017. (*)

Sumber: *Dispen Armatim

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video '​Koarmada II Gelar Vaksinasi Massal 20 ribu Dosis di Nganjuk':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO