Senin, 18 Maret 2019 23:52

7 Alasan Jalan-jalan dengan Kereta Api Itu Menyenangkan

Kamis, 08 Juni 2017 12:53 WIB
7 Alasan Jalan-jalan dengan Kereta Api Itu Menyenangkan
Fasilitas kereta api terus diperbaiki untuk manjakan penumpang. foto: youtube

HINGGA detik ini, kereta api masih menjadi salah satu moda transportasi favorit masyarakat Indonesia. Mulai dari perjalanan dekat dalam kota, antar kota, hingga antar provinsi selalu ramai penumpang setiap harinya. Bahkan di momen-momen tertentu, seperti mudik lebaran, tiket kereta api selalu ludes terjual jauh sebelum hari keberangkatan.

Apa sih yang membuat kereta api begitu disukai? Jika kamu ingin tahu atau sedang berencana jalan-jalan naik kereta namun masih ragu, simak dulu ulasan berikut. Ada 7 alasan kenapa jalan-jalan dengan kereta api begitu menyenangkan. Antara lain:

(Sumber foto: google plus)

Harga Tiket Murah, Fasilitas Oke

Harga tiket kereta api tergolong murah jika dibandingkan moda transportasi lain. Kamu bisa coba cek via online dan melakukan perbandingan. Misalnya, membandingkan harga tiket kereta dengan tiket pesawat. Kamu pun juga bisa membandingkan tiket kereta dengan moda transportasi lain seperti bus atau kapal.

Perbandingan tersebut bukan hanya melihat harga, tapi juga fasilitas yang didapat dan berapa lama waktu perjalanan. Seperti banyak diceritakan, kereta api sekarang memiliki pelayanan yang baik. Harga tiket ramah di kantong, semua gerbong di tiap kelas sudah ber-AC, kondisi bersih, waktu tempuh lebih cepat karena sudah ada jalur ganda, dan sebagainya.

Tiket Mudah Didapatkan

Sekarang, kamu tidak harus pergi ke stasiun untuk mendapatkan tiket kereta. Dengan kata lain, kamu terbebas dari mengantre panjang di loket dan mengorbankan banyak waktu untuk membeli tiket. Alasannya, PT KAI telah menjalin kerjasama dengan berbagai pihak, untuk memudahkan masyarakat mendapatkan tiket dengan cepat.

Misalnya dengan memesan tiket PT KAI di situs Traveloka. Pemesanan online yang cukup bermodal gadget di genggaman. Atur perjalanan, pesan tiketnya, lakukan pembayaran sesuai pilihan, dapatkan kode booking, dan kamu hanya tinggal menunggu hari H untuk memulai perjalanan yang berkesan.

Leluasa Membawa Banyak Barang

Ketika jalan-jalan, kurang lengkap jika tak membawa oleh-oleh. Nah, jika kamu menggunakan kereta, tak perlu risau soal bagasi. Kamu bisa lebih leluasa membawa banyak barang yang bisa diletakkan di kabin atas, di bawah dekat kursi duduk, atau di sudut gerbong yang biasanya cukup lapang dan ada tempat penyimpanan barang.

Barang bawaan yang banyak tidak dilarang oleh petugas dan tidak terlalu mengganggu penumpang lainnya. Satu hal yang perlu kamu lakukan ialah selalu memeriksa barang bawaan, agar tetap aman dan ada di tempat penyimpanan awal.

Proses Check In Mudah dan Cepat

Bila dibandingkan dengan pesawat, proses check in kereta lebih mudah dan cepat. Kamu hanya perlu datang ke stasiun maksimal 30 menit sebelum jam keberangkatan. Lalu, pergi ke mesin otomatis yang telah disediakan untuk mencetak tiket yang sudah dipesan di Traveloka sebelumnya.

Setelah itu, kamu bisa masuk ke peron dengan menunjukkan tiket dan kartu identitas (KTP/SIM) asli. Prosesnya cepat dan kamu tinggal nunggu atau masuk kereta langsung, jika sudah datang. Jika ada antrean, biasanya itu hanya beberapa menit saja, karena prosedurnya mudah dan menyenangkan.

Istirahat Lebih Puas

Perjalanan kereta yang memakan waktu sejam hingga belasan jam memungkinkan kita untuk istirahat dengan nyaman. Di tiap gerbong sudah ada AC, kamu pun bisa menyewa bantal serta selimut pada pramugari yang bertugas. Untuk kelas eksekutif, kursi pun bisa diatur senyaman mungkin untuk membuatmu mendapatkan istirahat berkualitas.

Perjalanan dengan kereta lebih stabil, bila dibandingkan transportasi lainnya seperti bus atau pesawat. Mulai dari faktor cuaca, kondisi jalan, hingga waktu tempuh. Jika kamu melakukan perjalanan dengan teman atau keluarga pun bisa jadi quality time yang menyenangkan. Kalian bisa mengobrol hingga tertidur selama di kereta.

Bebas Macet

Di jalur darat, kereta termasuk jenis transportasi yang egois. Kenapa? Karena ketika sudah berjalan, kereta tidak akan berhenti kecuali di stasiun. Sifat satu ini menjadi alasan kenapa naik kereta api bebas macet. Selain itu, kereta biasanya akan berangkat tepat waktu dan sampai tujuan tepat waktu.

Jika ada keterlambatan, hal itu tidak akan terjadi lebih dari 2 jam. Sistem kereta api dan fasilitasnya kini semakin baik dan terus ditingkatkan oleh PT KAI. Semangat pelayanan yang membuat masyarakat semakin senang melakukan perjalanan dengan kereta.

Bonus Pemandangan Indah

Jalur kereta api membentang melewati jalan raya, rumah penduduk, persawahan, dekat kaki gunung, tebing, dan lain sebagainya. Bila kamu melakukan perjalanan saat pagi atau siang hari, maka akan mendapatkan bonus pemandangan indah.

Melihat pemandangan alam dari balik jendela, seperti sedang jalan-jalan tapi tidak capek. Sesuatu hal sederhana yang bisa menghibur diri, menyejukkan pikiran, dan membuat hati senang, selama melakukan perjalanan dengan kereta.

Itulah 7 alasan kenapa jalan-jalan dengan kereta itu menyenangkan. Tertarik dan tidak sabar melakukan perjalanan dengan kereta? Yuk, segera beli tiketnya, karena pembelian sudah bisa dilakukan 90 hari sebelum hari keberangkatan. Semoga bermanfaat!

Polda Jatim Gerebek Pabrik Makanan Ringan Berbahan Tawas dan Bumbu Kadaluarsa di Sidoarjo
Jumat, 15 Maret 2019 05:14 WIB
SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Tim Satgas Pangan Polda Jatim menggerebek pabrik produksi makanan ringan (snack) di Dusun Dodokan, Desa Tanjungsari, Taman, Sidoarjo, Kamis (14/3). Dalam penggerebekan ditemukan bahan baku berbahaya dan kadaluarsa y...
Selasa, 19 Februari 2019 16:59 WIB
BANGSAONLINE.com - Februari udah mau abis aja nih... Saygon Waterpark punya banyak banget promo menarik buat kalian di bulan Februari ini. Ayo... jangan sampai ketinggalan ya...1. Romantic Moment, Berdua Lebih HematBuat kalian yang dateng berdua sama...
Suparto Wijoyo
Rabu, 13 Maret 2019 10:54 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*HARI ini, 13 Maret 2019 ada agenda batas waktu Fraksi-fraksi di DPRD Provinsi Jawa Timur untuk memberikan pendapatnya kepada Pimpinan Dewan berkenaan dengan Rancangan Awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Pro...
Minggu, 17 Maret 2019 23:15 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag28. Wa-immaa tu’ridhanna ‘anhumu ibtighaa-a rahmatin min rabbika tarjuuhaa faqul lahum qawlan maysuuraanDan jika engkau berpaling dari mereka untuk memperoleh rahmat dari Tuhanmu yang engkau harapkan, maka kat...
Dr. KH. Imam Ghazali Said.
Jumat, 01 Februari 2019 11:02 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...