Minggu, 19 Agustus 2018 10:51

Paguyuban Pencak Silat Singgahan Resmi Dikukuhkan

Selasa, 23 Mei 2017 21:00 WIB
Wartawan: Ahmad
Paguyuban Pencak Silat Singgahan Resmi Dikukuhkan

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Paguyuban lintas perguruan pencak silat se-kecamatan Singgahan resmi dikukuhkan di lapangan Kecamatan setempat, Selasa (23/5).

Paguyuban ini beranggotakan 8 perguruan pencak silat yang ada di Singgahan. Yakni PSHT, PSH, IKSPI Kera Sakti, Pagar Nusa (PN), Persinas Asad, Pencak Organisasi, Marga Luyu 151, dan PRSH.

Camat Singgahan Moch. Dani Ramdani mengatakan bahwa paguyuban ini dibentuk untuk menyatukan perguruan-perguruan pencak silat yang ada di Singgahan. Sehingga, diharapkan dengan adanya paguyuban ini, konflik antar perguruan silat yang mengatasnamakan perguruan bisa diminalisir atau dicegah.

"Dengan diresmikan paguyuban pencak silat, nantinya dapat menjadi wadah pemersatu bangsa. Sebab, di dalamnya juga terkandung nilai sosial kemasyarakatan, spiritual, dan menjaga ketentraman dan keamanan di masyarakat, sehinggan," katanya.

"Sebagai warisan seni dan budaya leluhur, pencak silat tumbuh pesat sejak zaman perintis kemerdekaan. Pencak silat menjadi barometer untuk melawan penjajah," lanjut Dani.

Sementara Ketua Paguyuban, Susanto mengatakan, pengukuhan ini merupakan momentum untuk membuat perguruan pencak silat lebih guyub dan rukun.

"Tidak perlu konflik personal antar organisasi. Paguyuban harus berperan aktif untuk meredam konflik, agar permasalahan tidak melebar ke ranah masyarakat umum. Kami akan melakukan hal yang terbaik untuk menjalankan roda paguyuban ini, seperti apa yang telah diamanatkan dalam pengukuhan," katanya

Samsul mengimbau kepada seluruh pendekar yang ada di Singgahan untuk turut serta aktif dalam menciptakan rasa aman dan tentram, serta dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang ada di masyarakat.

"Ke depan paguyuban dapat menjaring atlet atlet junior pencak silat di Singgahan untuk turut serta dalam kejuaraan pencak silat yang diadakan oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Tuban, atau Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) sebagai induk cabang olahraga pencak silat," pungkasnya. (ahm/wan/rev)

Sabtu, 11 Agustus 2018 16:43 WIB
Oleh: Ach. Taufiqil Aziz*Sekitar jam 17.00, pada 9 Agustus 2018, kami sekeluarga masih menonton stasiun televisi tentang pengumuman Cawapres Jokowi. Di televisi, beberapa stasiun dan pengamat sudah menganalisa bahwa Mahfud MD (MMD) yang akan menjadi ...
Kamis, 16 Agustus 2018 17:26 WIB
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag. . .   In ahsantum ahsantum li-anfusikum wa-in asa'tum falahaa fa-idzaa jaa-a wa’du al-aakhirati liyasuu-uu wujuuhakum waliyadkhuluu almasjida kamaa dakhaluuhu awwala marratin waliyutabbiruu maa ‘al...
Dr. KH. Imam Ghazali Said
Sabtu, 18 Agustus 2018 10:03 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<...
Rabu, 08 Agustus 2018 10:41 WIB
TUBAN, BANGSAONLINE.com - Asosiasi Wisata Gua Indonesia (Astaga) dan Mahasiswa Pecinta Alam (Mahipal) Unirow Tuban akhirnya memaparkan data pemetaan gua di Desa Jadi, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban. Data tersebut dikeluarkan setelah tim me...