Disdik Blitar Targetkan Program Full Day Mulai Diberlakukan Pada Tahun Ajaran Baru

Disdik Blitar Targetkan Program Full Day Mulai Diberlakukan Pada Tahun Ajaran Baru

KOTA BLITAR, BANGSAONLINE.com - Rencana Pemerintah Pusat untuk membuat program full day school mendapat respon dari Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar. Rencananya pada tahun ajaran baru ini Pemkot Blitar akan menjalankan program 5 hari sekolah. 

Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Blitar, Heru Puji Murdianto mengatakan, program ini memang sudah disampaikan oleh Wali Kota Blitar. Saat ini pihaknya telah membentuk tim sendiri mulai dari jenjang TK, SD, dan SMP untuk membahas mata pelajaran yang akan diajarkan pada 5 hari sekolah, yakni mulai hari Senin hingga Jumat.

"Kita sudah melakukan langkah-langkah untuk mewujudkan program itu. Seperti pembentukan tim untuk membahas pelajaran yang diajarkan selama 5 hari ini," kata Heru saat ditemui di Balai Kusuma Wicitro Kota Blitar, Senin (22/05).

Heru optimis program ini bisa efisien. Untuk itu pihaknya menargetkan, program ini mulai dijalankan pada tahun ajaran baru ini. Untuk jam pelajarannya tetap, minimal 37,5 jam selama 5 hari.

"Untuk kepastian program ini bisa dijalankan tentu menunggu instruksi dari Wali Kota. Setelah rapat yang rencananya kita lakukan pada Rabu (24/05), kita akan serahkan hasilnya ke Wali Kota. Setelah itu rencananya Wali Kota akan mengumumkannya pada 1 juni nanti," jelasnya.

Pada program 5 hari sekolah ini, lanjut Haru, tidak mengubah waktu mengajar guru. Tetapi untuk jenjang TK akan menyesuaikan, sedangkan untuk SD dan SMP harus sampai jam 3 sore. "Program ini kan juga untuk membentuk karakter. Jadi SD dan SMP harus sampai jam 3. Setelah itu mereka kan juga bisa langsung ekstra kurikuler," paparnya. (blt1/tri/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO