Permudah Belajar Daring, Desa Pasirharjo Blitar Sediakan Wifi Gratis

Permudah Belajar Daring, Desa Pasirharjo Blitar Sediakan Wifi Gratis Pengumuman dari Pemdes Pasirharjo mengenai Wifi gratis. (foto: ist).

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Sebuah desa di Kabupaten Blitar menyediakan Wifi gratis untuk memutus kendala belajar daring yang dialami pelajar hingga mahasiswa di desa tersebut. Desa itu adalah Desa Pasirharjo, Kecamatan Talun, Kabupaten Blitar.

Kepala Desa Pasirharjo, Chusana Churori mengatakan pemerintah desa setempat menyediakan Wifi atau jaringan internet secara gratis di balai desa. Pelajar dan mahasiswa yang kesulitan mendapatkan jaringan internet bisa datang ke kantor desa untuk menggunakan jaringan internet.

"Di masa pandemi ini kita hanya membantu meringankan masyarakat yang memiliki anak-anak yang masih berstatus pelajar atau mahasiswa yang mungkin tidak memiliki fasilitas jaringan internet atau pulsa kuota untuk belajar daring," ujar Chusana, Kamis (5/8/2020).

Dia menjelaskan, fasilitas internet gratis di Kantor Desa Pasirharjo itu dimulai sejak pukul 08.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB, kecuali tanggal merah. Selain itu, warga yang hendak menggunakan fasilitas internet juga diwajibkan memakai masker, cuci tangan, dan jaga jarak sesuai protokol kesehatan.

"Di kantor desa juga ada petugas yang akan membantu untuk mengakses kata kunci Wifi kantor desa," imbuhnya.

Dia menerangkan, program jaringan internet gratis di Desa Pasirharjo sebenarnya tidak hanya disediakan di kantor desa saja. Namun juga beberapa poskamling.

"Selain itu, di rumah warga yang memiliki jaringan Wifi juga kami minta agar rela bersedekah jaringan internet bagi tetangga sekitar yang membutuhkan untuk kebutuhan belajar daring. Namun, kita pesan agar mereka tetap mengedepankan protokol kesehatan," tegasnya.

Chusana menuturkan, masyarakat cukup antusias dengan adanya jaringan internet gratis ini. Utamanya mereka yang tinggal di dekat kantor desa. "Alhamdulillah, sejauh ini mereka cukup antusias. Kami harap ini benar-benar bermanfaat untuk kebutuhan belajar mengajar daring," pungkasnya. (ina/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO