Bhinneka Eka Bhakti 2017, Kopral Taruna Akademi TNI Kunjungi Koarmatim

Bhinneka Eka Bhakti 2017, Kopral Taruna Akademi TNI Kunjungi Koarmatim

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda (Laksda) TNI Darwanto, S.H., M.A.P., yang diwakili oleh Kepala Staf Komando Armada RI Kawasan Timur (Kasarmatim) Laksamana Pertama (Laksma) TNI I.N.G. Ariawan, S.E., M.M., menyambut 457 Taruna dan Taruni Akademi TNI tingkat I TP. 2016/2017 beserta pendamping / pengasuh dari Akademi TNI berjumlah. Rombongan berjumlah 162 orang ini melakukan kunjungan dalam rangka Bhinneka Eka Bhakti (BEB) tahun 2017 di Markas Komando Armada RI Kawasan Timur (Mako Armatim), Ujung Surabaya, Kamis (18/05/2017).

Sebelum pengarahan, Taruna/i berpangkat Kopral Taruna diputarkan profil Koarmatim dan Satgas Maritime Task Force UNIFIL. Kunjungan ke-6 di Kotama TNI wilayah Jatim ini, Batalyon Taruna pimpinan Komandan Resimen Chandradimuka Akademi TNI Kolonel Inf Joko Andoko juga dapat bertatap muka langsung dengan para Komandan Satuan jajaran Koarmatim, para Kasatker Koarmatim dan perwakilan dari Puspenerbal yang mengenakan seragam khas satuan masing-masing di Gedung Panti Tjahaja Armada (PTA) Koarmatim.

Wadanjen Akademi TNI Mayjen TNI Mar Gatot Subroto mengawali sambutannya menyampaikan bahw latihan BEB merupakan realisasi kurikulum pendidikan intergratif Taruna Akademi TNI tingkat I tahun 2017. Tujuannya, untuk memberikan pembekalan dan wawasan kepada para Taruna Akdemi TNI agar mengetahui organisasi dan tugas kesatuan, ciri khas serta kemampuan masing-masing angkatan, sebagai bekal pengetahuan Taruna untuk memasuki tahap pendidikan selanjutnya.

Sementara dalam pengarahan Pangarmatim yang dibacakan oleh Kasarmatim, bahwa sebagai seorang calon perwira sekaligus pemimpin, para prajurit dituntut untuk mampu mengembangkan diri dan selalu tanggap dalam meningkatkan kualitas kemampuan memimpin melalui berbagai ilmu dan cara yang selaras dengan perkembangan pengetahuan dan teknologi yang cenderung meningkat dengan pesat dan dinamis.

“Jangan pernah berhenti untuk belajar dan menggali ilmu selama mengikuti pendidikan dan setelah lulus menjadi Perwira TNI. Karena di tangan kalian terletak keberhasilan dan masa depan organisasi TNI dalam mewujudkan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang semakin jaya dan kokoh,” pesan Pangarmatim.

Taruna/i Akademi TNI yang terdiri dari 249 orang TNI AD, 100 orang TNI AL dan 108 TNI AU orang tersebut usai menerima pengarahan kemudian disuguhi demonstrasi ketangkasan dari Satkopaska Koarmatim. Di antaranya, seperti infiltrasi terjun free fall dari Pesawat Udara (Pesud) Cassa NC 212 Puspenerbal dengan jarak 5000 kaki dari permukaan laut untuk melakukan pembebasan sandera pembajakan kapal. Selain itu juga ditampilkan demostrasi 6 Pesud dari Bonansa Harmoni Flight yang menampilkan formasi-formasi tempur di pangkalan militer Koarmatim.

Usai menyaksikan demonstrasi kemampuan tempur matra laut, Taruna/i BEB 2017 melanjutkan kegiatan dengan mengunjungi KRI Jajaran Koarmatim yang sandar di Dermaga Madura Koarmatim. Mengakhiri kegiatan di Koarmatim, para Taruna/i akan kembali ke Akademi Militer (Akmil) Magelang melalui jalur laut dengan menggunakan KRI Teluk Bintuni-520 dengan tujuan Semarang. (*)

Sumber: *Dispen Armatim

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO