Tingkatkan Konsumsi Ikan, Forikan Sosialisasikan Gemarikan

Tingkatkan Konsumsi Ikan, Forikan Sosialisasikan Gemarikan Foto bersama antara Kadin Pertanian dan Perikanan Ponorogo, Harmanto, dengan utusan dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jatim, Farida dan Kepala Sekolah MIN Paju. foto: YAHYA/ BANGSAONLINE

PONOROGO, BANGSAONLINE.com - Untuk terus meningkatkan konsumsi ikan bagi masyarakat, terutama generasi muda, Forikan Ponorogo kembali menyosialisasikan Gemarikan (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan) di MIN Paju, Kamis (20/4).

Hadir dalam kegiatan tersebut Farida MM dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur, Ketua Forikan Ponorogo Sri Wahyuni Ipong Muchlissoni, Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Harmanto, forpimcam Kecamatan Kota, kepala Desa Paju, dan civitas MIN Paju.

Ketua Panitia Aida Fitriani mengungkapkan bahwa acara tersebut merupakan program dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur. 

"Adapun tujuannya adalah untuk memberikan makanan tambahan bagi anak sekolah berupa makanan ikan dan membiasakan makan ikan yang mengandung gizi yang tinggi bagi anak anak sekolah," ujar Aida. Dengan makan ikan diharapkan mampu menambah kecerdasan dan kesehatan.

Sementara, Kepala Dinas Pertanian Harmanto mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi dan menyambut baik atas terselenggaranya acara tersebut.

"Kami ucapkan terima kasih atas kesediaan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur untuk mengunjungi Ponorogo dan menggelar serta menyosialisasikan gemar ikan untuk anak sekolah," ujar Harmanto.

Ke depan pihaknya mengusulkan kepada Kadin Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur melalui Farida yang hadir, untuk menggelar acara yang lebih besar. Seperti makan ikan untuk 3.000 orang di alun-alun. “Kami akan berusaha maksimal dalam menyukseskan kegiatan tersebut,” sambung Harmanto.

"Secara umum walaupun Ponorogo tidak memiliki laut, namun tingkat konsumsi ikan dibanding daerah sekitar paling tinggi. Untuk itu, potensi yang besar ini harus dimanfaatkan oleh instansi terkait untuk terus mendorong masyarakat Ponorogo untuk selalu mengonsumsi ikan dengan harapan dapat meningkatkan kecerdasan dan taraf kesehatan masyarakat," pungkas Harmanto.

Ketua Forikan Ponorogo dan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi mengharapkan agar anak-anak senang serta gemar makan ikan untuk meningkatkan kecerdasan dan kesehatan. Pasalnya, ikan mengandung protein yang sangat tinggi serta mengandung omega 3. Acara ditutup dengan pemberian hadiah dan foto bersama. (yah/rd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO