April Curah Hujan Masih Tinggi, Wagub Jatim Minta Warga yang Tinggal di Daerah Rawan Bencana Waspada

April Curah Hujan Masih Tinggi, Wagub Jatim Minta Warga yang Tinggal di Daerah Rawan Bencana Waspada Wagub Jatim Saifullah Yusuf didampingi Bupati Gresik Sambari Halim Radianto saat mengikuti doa bersama siswa SMAN 1 Gresik sebelum UNBK. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Berdasarkan prakiraan BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisikan), curah hujan di bulan April ini masih tinggi disertai angin kencang. Hal ini kemudian disikapi serius oleh Pemprov Jatim.

Wakil Gubernur Saifullah Yusuf meminta kepada masyarakat yang tinggal di wilayah rawan bencana agar waspada. "Saya meminta masyarakat , terlebih yang tinggal di wilayah rawan bencana agar selalu waspada," pinta Saifullah Yusuf di sela-sela sidak UNBK di SMA NU 1 , Senin (10/4/2017).

Sebab, lanjut pria yang akrab disapa Gus Ipul ini, merupakan daerah yang dipetakan pemerintah menjadi salah satu provinsi di Indonesia yang rawan bencana. Terlebih wilayah-wilayah yang memiliki dataran tinggi seperti pegunungan dan perbukitan. 

Pada kesempatan itu, Gus Ipul menyinggung bencana longsor yang melanda Ponorogo dan Nganjuk yang mengakibatkan puluhan korban jiwa.

Wilayah tersebut, lanjut Gus Ipul, merupakan daerah yang rawan bencana di . Selain daerah tersebut, masih ada sejumlah daerah rawan bencana.

Karena itu, Gus Ipul meminta masyarakat yang tinggal di tebing dan bukit agar sedini mungkin bisa mengenali lingkungannya. "Sehingga, setelah mereka mengetahui ada tanda-tanda kejadian (bencana) mereka bisa proteksi dini," terangnya.

Selain di wilayah daratan, Gus Ipul juga mengimbau warganya yang tinggal di sekitar wilayah perairan atau laut. Sebab, berdasarkan prakiraan BMKG, ombak besar setinggi 2-4 meter akan melanda wilayah di Pantai Selatan.

"Saya mengimbau warga di wilayah tersebut untuk lebih hati-hati," pungkasnya. (hud/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Viral! Video Manusia Menikahi Kambing di Gresik, Bupati Mengecam: Jahiliyah!':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO