Kunjungi RPP Pendopo Delta di KPU Sidoarjo, Warga Bisa Simulasi Coblosan

Kunjungi RPP Pendopo Delta di KPU Sidoarjo, Warga Bisa Simulasi Coblosan Ketua KPU Sidoarjo Zainal Abidin saat memberi penjelasan terkait fasilitas di RPP Pendopo Delta.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sidoarjo resmi meluncurkan Rumah Pintar Pemilu (RPP) Pendopo Delta yang berlokasi di komplek Kantor , Jl Raya Cemengkalang Nomor 1, Rabu (5/4). Selain bisa simulasi coblosan, warga bisa menonton film sejarah pemilu di RPP Pendopo Delta.

Ketua Zainal Abidin mengatakan, RPP Pendopo Delta dibangun sebagai media pembelajaran demokrasi dan pemilu.

“Siapa pun bisa datang ke RPP Pendopo Delta. Baik kalangan parpol, pelajar maupun warga biasa,” cetusnya kepada BANGSAONLINE.com usai Launching RPP Pendopo Delta, Rabu (5/4).

Beragam kalangan ini, di antaranya bisa belajar mengenai pemilu dengan langsung melakukan praktik simulasi coblosan. Pengunjung juga bisa membaca beragam koleksi buku mengenai demokrasi dan pemilu, baik Pemilihan Legislatif, Pemilihan Presiden dan Pemilihan Kepala Daerah.

Zainal juga menjelaskan, soal nama RPP Pendopo Delta. Menurtunya, nama itu berasal dari singkatan Pendidikan Demokrasi dan Politik (Pendopo). Selain itu, Pendopo bermakna sebagai tempat yang terbuka bagi siapa pun untuk menyatakan aspirasi. Sedangkan Delta merujuk nama lain dari Sidoarjo.

Sekretaris Sulaiman menambahkan, RPP Pendopo Delta menempati bangunan seluas 5 x 12 meter, yang semula berfungsi media center. Ruangan terbagi menjadi ruang tunggu, ruang pamer dan ruang audio-visual. “Di ruang audio-visual, pengunjung bisa nonton film sejarah pemilu,” bebernya.

Di ruang pamer, pengunjung bisa melihat langsung sejumlah alat peraga pemilu. Mulai dari kertas suara, kotak suara, bilik suara, tinta pemilu hingga alat coblosan. Selain itu, juga dipajang foto-foto dokumentasi dan buku-buku mengenai kegiatan Pilkada yang ditangani KPU sejak tahun 2005 silam.

Sulaiman menambahkan, RPP Pendopo Delta bisa dikunjungi setiap hari jam kerja. Para pengunjung akan dipandu petugas khusus untuk belajar dan menikmati ruang pamer RPP Pendopo Delta. Warga bisa datang ke RPP Pendopo Delta setiap saat tanpa pemberitahuan.

“Namun kalau rombongan besar, seyogyanya bisa berkomunikasi dulu dengan kami,” pinta Sulaiman.

Peluncuran RPP Pendopo Delta ini dihadiri Ketua KPU Jatim Eko Sasmito, Ketua DPRD Sidoarjo Sullamul Hadi Nurmawan, Ketua PN Sidoarjo Ifa Sudewi dan Sekda Joko Sartono. Perwakilan parpol dan ormas di Kabupaten Sidoarjo juga tampak menghadiri peluncuran RPP Pendopo Delta tersebut. (sta/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO