Pilgub Jatim 2018, PDIP Buka Penjaringan Cagub Bulan Juni

Pilgub Jatim 2018, PDIP Buka Penjaringan Cagub Bulan Juni Bambang DH

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - DPD PDIP Jawa Timur memastikan membuka penjaringan bagi bakal calon gubernur Jatim 2018 mendatang, pada bulan Juni. Alasannya, sesuai ketentuan dari partai, satu tahun sebelum pelaksanaan Pilkada harus dilakukan penjaringan.

"Ini tidak hanya di Jatim saja namun se-Indonesia karena tahun 2018 mendatang ada pilkada serentak, sehingga Juni 2017 sudah harus membuka penjaringan," ungkap Ketua DPP PDIP Bidang pemenangan Pemilu, Bambang DH, Senin (6/3).‎

Tak hanya itu, kata Bambang DH, nantinya calon kepala daerah yang disiapkan akan diusung ataupun di dukung oleh PDIP harus mengikuti sekolah partai.

”Semua calon dari PDIP wajib ikut sekolah partai yang dilaksanakan dua minggu,” tutur mantan pada Pilgub 2013 tersebut.

Terpisah, Sekretaris DPD PDIP Jatim, Sri Untari Bisowarno mengatakan ada beberapa mekanisme yang dilalui saat penjaringan bakal Cagub dan Cawagub di PDI Perjuangan.

"Mekanismenya yaitu nanti DPC PDIP se-Jatim menjaring beberapa nama. Lalu disetorkan di DPD PDIP dan oleh DPD diserahkan ke DPP. Nantinya oleh DPP diplenokan dan Ketum yang menentukan," jelas Ketua Fraksi PDIP DPRD Jatim ini.‎

Khusus bagi cagub Jatim, lanjut Sri Untari, pihaknya menambah persyaratan antara lain setiap calon harus mengerti langsung tentang Jawa Timur. ”Orang Jawa Timur belum tentu mengerti tentang Jawa Timur. Kalau dipimpin Gubernur tak mengerti Jawa Timur bisa susah nantinya. Harus mengerti Jawa Timur dari semua aspek,” tandasnya. (mdr/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO