Hati Penyakitan Dijual di Pasar Setono Bethek Kediri

Hati Penyakitan Dijual di Pasar Setono Bethek Kediri ? Petugas saat memeriksa daging yang dijual di Pasar Setono Betek Kediri, Selasa (1/7).foto:arif kurniawan/bangsaonline


KEDIRI (bangsaonline) - Petugas Dinas Pertanian KotaKediri melakukan sidak disejumlah pedagang daging sapi di pasar setono betek, Selasa (1/7) siang.

Dengan menggunakan alat PH meter, dan juga alat pendeteksi kadar air, petugas satu per satu mengecek daging yang dijual. Meski tidak ditemukan daging tak layak konsumsi, namun petugas menjumpai ada hati sapi yang kurang layak konsumsi.Hati sapi tersebut dalam kondisi yang kurang sehat, dan diduga ati telah terserang penyakit. "Masih layak konsumsi, tapi kalau saya pribadi mending nyari yang lain saja," kata salsh seorang dokter hewan dari Dinas Pertanian.

Selain itu, petugas juga menemukan adanya daging sapi yang kurang segar. Yakni dengan kadar keasaman mencapai 4,65 persen. Sementara daging segar yang belum 1 kadar keasamannya mencaoai 6 - 6,5 persen.

Kepala dinas pertanian kota kediri Haris Candra Purnama mengatakan, meski ditemukan beberapa yang kurang layak. Namun pihaknya memastikan, daging maupun hati yang dijual masih termasuk dalam ambang normal. "Meski kurang layak, tapi masih bisa dikonsumsi," ujarnya.

Masih kata Haris, guna menghindari penyakit yang menular pada ati yang telah ditemukan, pihaknya menghimbau agar masyarakat memasak ati tersebut benar-benar sampai matang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Jelang Lebaran, Pemkab Nganjuk Gelar Gerakan Pangan Murah':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO