Jauh dari Puskesmas, Desa Kumpulrejo Sediakan Mobil Siaga untuk Warga

Jauh dari Puskesmas, Desa Kumpulrejo Sediakan Mobil Siaga untuk Warga Kades Kumpulrejo, Ahmad Iksan, berpose di depan mobil siaga. foto: AHMAD/ BANGSAONLINE

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Pemerintahan Desa Kumpulrejo menyediakan satu unit Mobil Siaga untuk warganya. Pasalnya lokasi Desa Kumpulrejo jauh dari pusat pemerintahan Kecamatan Bangilan dan pusat pelayanan kesehatan masyarakat (puskesmas). Sehingga, mobil tersebut diharapkan dapat memudahkan mobilitas warga di saat kondisi darurat.

Terhitung, jarak menuju akses kota sekitar 12-15 kilometer. Bahkan, akses transportasi di Desa Kumpulrejo juga sulit. Meskipun wilayah Desa Kumpulrejo merupakan daerah operasi lapangan sumur tua Gegunung Pertamina 1 (GGNP-1) yang dikerjakan oleh KSO Pertamina PT Tawun Gegunung Energi (TGE), namun keberadaan perusahan sekelas Pertamina tidak menjadikan masyarakat di sekitar terjamin akan nasibnya.

Saat ditemui BANGSAONLINE.com, Rabu (1/2) siang, Kepala Desa Kumpulrejo, Ahmad Ihsan, menjelaskan pengadaan Mobil Siaga itu menggunakan Dana Desa (DD) anggaran 2016. "Ya pembelian mobil siaga dari dana desa," katanya.

"Keberadaan Mobil Siaga milik Desa Kumpulrejo ini akan digunakan oleh warga yang setiap saat untuk keperluan mendesak seperti sakit ataupun melahirkan," pungkasnya.

Terpisah, Camat Bangilan, Maftuckin Reza, mengatakan penggunaan anggaran dana desa untuk keperluan transportasi masyarakat setempat tak menyalahi aturan.

"Desa Kumpulrejo wilayahnya di pegunungan dan hutan. Sehingga, untuk menuju Pusat Kota Bangilan sulit. Sedangkan, pembelian mobil siaga Desa guna mempercepat tindakan medis seperti Sakit maupun melahirkan. Harapanya, Mobil Siaga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk melakukan tindakan medis," ujarnya. (ahm/wan/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO