Jumat, 27 November 2020 07:51

Pemdes se-Kecamatan Jatirogo Dapat Bimtek dari Bappemas

Rabu, 01 Februari 2017 03:24 WIB
Pemdes se-Kecamatan Jatirogo Dapat Bimtek dari Bappemas

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 36 perangkat dari 18 Desa se-kecamatan Jatirogo mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) yang digelar Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga Berencana (Bapemas dan KB) Kabupaten Tuban, Selasa (31/1).

Bimtek itu digelar sebagai tindak lanjut atas catatan yang diberikan Komisi A DPRD Tuban, saat kunjungan kerja di Kecamatan Jatirogo beberapa waktu lalu. Saat kunjungan, Komisi A memang menyoroti pertanggungjawaban laporan APBDes 2016.

Untuk itu, bimtek ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas pemerintah desa (pemdes) dalam pembuatan rancangan APBDes 2017. Masing-masing desa harus bisa mengelola keuangan sendiri dalam pembangunan desa.

Camat Jatirogo, Mohammad Nawawi kepada BANGSAONLINE.com menjelaskan, dalam bimtek tersebut pihak desa diberi penjelasan tentang tata cara pembuatan peraturan desa (perdes).

"Perdes menjadi pembahasan penting. Pasalnya menjadi syarat sahnya penerimaan dan penggunaan APBDes 2017 yang telah diajukan penggunaan anggaran," katanya.

"Pemda Tuban sudah mencanangkan gerakan Siskeudes (Sistem Keuangan Desa) sehingga dalam Bimtek juga dibekali penggunaan aplikasi (SiskeuDes)," imbuhnya.

Ari Wibowo, Kasi Tata Kelola Pemerintahan Desa, Bapemas dan KB Tuban, menyampaikan bahwa bimtek tersebut lebih menekankan pada pada mekanisme pembuatan Perdes. "Karena erdes merupakan syarat sah pengajuan APBDes 2017. Dalam bimtek peserta juga diberi materi penguatan penggunaan APBDes sesuai Perbup nomor 02 tahun 2016, serta pengarahan alur pengelola keuangan desa yang di implementasikan melalui tata kerja aplikasi Siskuedes," jelasnya.

"Diharapkan setelah bimtek hari ini, sebagai pengelola keuangan, Sekretaris dan Bendahara Desa dapat memahami alur dan penggunaan anggaran. Sehingga, mampu menjalankan sistem aplikasi SiskueDes," tandasnya. (ahm/wan/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 20 November 2020 22:13 WIB
SUMENEP, BANGSAONLINE.com - Berbicara tentang destinasi wisata di Kabupaten Sumenep memang tak pernah sepi. Selain memiliki sejumlah tempat wisata religi dan budaya, kabupaten yang berada di ujung timur Pulau Madura ini juga memiliki segudang destina...
Selasa, 10 November 2020 09:44 WIB
Oleh: M. Mas’ud Adnan --- Peristiwa 10 November 1945 adalah tonggak sejarah sangat penting bagi bangsa Indonesia, terutama umat Islam. Sebab, pada momentum 10 November itulah, nasionalisme mendapat pemaknaan sangat signifikan dalam paradigma k...
Minggu, 22 November 2020 21:26 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*39. walawlaa idz dakhalta jannataka qulta maa syaa-a allaahu laa quwwata illaa biallaahi in tarani anaa aqalla minka maalan wawaladaanDan mengapa ketika engkau memasuki kebunmu tidak mengucapkan ”Masya Allah, ...
Jumat, 06 November 2020 10:34 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...