Kamis, 17 Juni 2021 13:11

Pemdes se-Kecamatan Jatirogo Dapat Bimtek dari Bappemas

Rabu, 01 Februari 2017 03:24 WIB
Pemdes se-Kecamatan Jatirogo Dapat Bimtek dari Bappemas

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 36 perangkat dari 18 Desa se-kecamatan Jatirogo mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) yang digelar Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga Berencana (Bapemas dan KB) Kabupaten Tuban, Selasa (31/1).

Bimtek itu digelar sebagai tindak lanjut atas catatan yang diberikan Komisi A DPRD Tuban, saat kunjungan kerja di Kecamatan Jatirogo beberapa waktu lalu. Saat kunjungan, Komisi A memang menyoroti pertanggungjawaban laporan APBDes 2016.

Untuk itu, bimtek ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas pemerintah desa (pemdes) dalam pembuatan rancangan APBDes 2017. Masing-masing desa harus bisa mengelola keuangan sendiri dalam pembangunan desa.

Camat Jatirogo, Mohammad Nawawi kepada BANGSAONLINE.com menjelaskan, dalam bimtek tersebut pihak desa diberi penjelasan tentang tata cara pembuatan peraturan desa (perdes).

BACA JUGA : 

Mendes Minta BUM Desa di Tuban Dapat Atasi Pemulihan Ekonomi di Tengah Pandemi

Pengisian Jabatan Sekdes Campurejo Tuban Tunggu Tes Ulang Dua Calon Perangkat Desa

Nilai Sama, Calon Sekdes Campurejo Tuban Bakal Jalani Tes Ulang di Tingkat Kabupaten

Bancakan Bubur Merah, ​Warga Plumpang Tuban Gelar Ritual Tolak Bala Corona

"Perdes menjadi pembahasan penting. Pasalnya menjadi syarat sahnya penerimaan dan penggunaan APBDes 2017 yang telah diajukan penggunaan anggaran," katanya.

"Pemda Tuban sudah mencanangkan gerakan Siskeudes (Sistem Keuangan Desa) sehingga dalam Bimtek juga dibekali penggunaan aplikasi (SiskeuDes)," imbuhnya.

Ari Wibowo, Kasi Tata Kelola Pemerintahan Desa, Bapemas dan KB Tuban, menyampaikan bahwa bimtek tersebut lebih menekankan pada pada mekanisme pembuatan Perdes. "Karena erdes merupakan syarat sah pengajuan APBDes 2017. Dalam bimtek peserta juga diberi materi penguatan penggunaan APBDes sesuai Perbup nomor 02 tahun 2016, serta pengarahan alur pengelola keuangan desa yang di implementasikan melalui tata kerja aplikasi Siskuedes," jelasnya.

"Diharapkan setelah bimtek hari ini, sebagai pengelola keuangan, Sekretaris dan Bendahara Desa dapat memahami alur dan penggunaan anggaran. Sehingga, mampu menjalankan sistem aplikasi SiskueDes," tandasnya. (ahm/wan/rev)

Soal Anggaran Menhan untuk Alutsista Rp 1.700 Triliun, Ini Komentar Kiai Asep
Kamis, 17 Juni 2021 00:22 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Heboh anggaran untuk membeli Alutsista sebesar Rp 1.700 Triliun membuat Menteri Pertahanan Prabowo Subianto terus mendapat sorotan publik. Padahal, menurut Prabowo, master plan atau grand design itu permintaan ...
Jumat, 04 Juni 2021 10:27 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Bukit Kehi, destinasi wisata yang satu ini berada di Kota Pamekasan. Bukit Kehi menawarkan pemandangan daerah pegunungan yang hijau mempesona. Pengunjung bahkan bisa berenang di sejuknya hawa pegunungan di pulau gar...
Kamis, 17 Juni 2021 05:46 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Di Indonesia, terutama di Bangkalan dan Kudus, Covid-19 mengganas. Ratusan orang meninggal dunia.Tapi di belahan dunia lain Covid-19 justru lenyap. Inilah yang terjadi di California. Warganya pun berpesta. Pesta merd...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Sabtu, 12 Juni 2021 09:55 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...