Ziarah dan Tabur Bunga di Makam Mbah Wahab, Bupati-Wabup Jombang Disambut Ratusan Pelajar

Ziarah dan Tabur Bunga di Makam Mbah Wahab, Bupati-Wabup Jombang Disambut Ratusan Pelajar Para pelajar saat berziarah di makam KH Wahab Chasbullah (pahlawan nasional) bersama Bupati Jombang Nyono Suharli Wihandoko dan Wabup Mundjidah Wahab. foto: RONY S/ BANGSAONLINE

JOMBANG, BANGSAONLINE.com – Peringatan Nasional, Kamis (10/11) menjadi momentum bagi Bupati Jombang, Nyono Suharli Wihandoko dan Wabup Mundjidah Wahab untuk melaksanakan ziarah dan tabur bunga di makam KH Wahab Chasbullah (Mbah Wahab) Desa Tambakberas, Kecamatan Jombang. Mbah Wahab yang juga salah satu pendiri NU ini merupakan pahlawan nasional yang berasal dari kota santri.

Dalam pantauan Bangsaonline, rombongan Bupati-Wabup yang juga didampingi Kapolres Jombang AKBP Agung Marlianto serta Dandim 0814 Letkol Arh Fathurrahman itu mendapat sambutan meriah dari ratusan siswa-siswi Madrasah Aliyah Unggulan KH Wahab Chasbullah (MA-UWH) Tambakberas. Para pelajar berbaris mulai dari pintu gerbang makam Mbah Wahab hingga area pemakaman utama. Sementara Nyono bersama rombongan menyalami satu per satu para siswa tersebut.

Sebelum menabur bunga di pusara Mbah Wahab, Bupati beserta rombongan dan para pelajar bertahlil serta berdoa bersama. “Pada hari pahlawan nasional yang harus kita teladani adalah perjuangan para pahlawan termasuk Mbah Wahab yang tak lain pendiri NU,” ujar Nyono ditemui usai ziarah.

Menurutnya, ada beberapa pelajaran yang bisa diteladani dari perjuangan Mbah Wahab terhadap kemajuan bangsa. “Kita perlu meneladani apa yang diperjuangkan beliaunya (Mbah Wahab, red), yakni saat membina umat, dan bagaimana cara mengelola yang ada di Jombang maupun di Indonesia. Inilah yang harus kita ikuti dan kita tiru,” tandasnya.

Sementara Wabup Mundjidah Wahab mengatakan, agenda ziarah dan tabur bunga ke makam Mbah Wahab tidak diagendakan sebelumnya. “Ini tadi mendadak kita ke sini (makam Mbah Wahab, red). Untuk tahun depan, kita akan agendakan ziarah ke makam para pahlawan yang ada di Jombang. Yakni di Ponpes Tebuireng ada KH Hasyim Asy’ari dan KH Wahid Hasyim. Keduanya merupakan pahlawan nasional yang berasal dari Jombang,” katanya. (rom/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO