Dandim Bersama Forpimda Ziarah ke Makam Almaghfurlah KH Nawawi

Dandim Bersama Forpimda Ziarah ke Makam Almaghfurlah KH Nawawi Ziarah ke makam KH BNawawi, komandan Laskar Sabilillah.

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Dandim 0815 Mojokerto Letkol Czi Budi Pamudji bersama Forpimda Kota Mojokerto, melaksanakan ziarah ke Makam Al-Maghfurllah KH. Nawawi di TPU Dusun Mangunrejo Desa Sidoharjo Kec. Gedeg Kab. Mojokerto.

“Kegiatan ziarah ini dalam rangka peringatan syuhada kemerdekaan RI Almaghfurlah KH. Nawawi, Komandan Laskar Sabilillah pada masa Revolusi Fisik dari Kota Mojokerto,” ucap Dandim 0815 Mojokerto Letkol Czi Budi Pamudji dalam rilisnya yang diterima BANGSAONLINE, Sabtu (5/10).

Sesaat sebelum dilakukan tabur bunga, sempat dibacakan sejarah singkat KH. Nawawi yang menceritakan perjalanan KH. Nawawi mulai masa anak-anak hingga masuk sekolah di HISP (Hollands Inlandsche Scool Partikelir) setingkat SD, kemudian masa remaja KH. Nawawi pernah nyantri kepada KH. Hasyim Ashari di Tebu Ireng Jombang.

Kiai Nawawi kemudian bergturu pada Kiai Khozin Siwalan Panji Sidoarjo, Kiai Sholeh Mojosari, Kiai Zainudin Nganjuk dan Kiai Kholil Kademangan Bangkalan Madura. Kiai NAwawi juga salah satu pendiri NU di Mojokerto.

Pada masa revolusi fisik, KH. Nawawi menjabat Komandan Laskar Sabilillah, yang wilayahnya meliputi Mojokerto, Kedamean Gresik, Sepanjang dan Sukodono Sidoarjo, hingga beliau gugur pada tanggal 22 Agustus 1946 dalam pertempuran melawan Belanda di Dusun Sumantoro Desa Plumpungan Sukodono Kab. Sidoarjo, dan lokasi tersebut dijadikan titik start Napak Tilas Perjuangan Kiai Nawawi.

Selain ziarah, peringatan syuhada kemerdekaan KH. Nawawi ini diisi dengan kegiatan tahlil oleh keluarga KH. Nawawi baik di komplek makam maupun di rumah keluarganya di Jl. Gajah Mada Kota Mojokerto, serta kegiatan Napak Tilas Perjuangan KH. Nawawi dengan start lokasi gugurnya beliau di Dusun Sumantoro Desa Plumpungan Kecamatan Sukodono Kab. Sidoarjo dan finish di TPU Mangunrejo Desa Sidoharjo Kec. Gedeg Kab. Mojokerto.

Dandim 0815 Mojokerto Letkol Czi Budi Pamudji selaku pimpinan rombongan ziarah, saat dikonfirmasi menyampaikan bahwa kegiatan ziarah ini merupakan salah satu bentuk penghormatan atas jasa-jasa beliau selaku Syuhada Kemerdekaan dan Komandan Laskar Sabilillah di Mojokerto.

“Sifat Patriotik dan nilai-nilai luhur yang beliau miliki patut kita suritauladani, ingat, Bangsa yang besar adalah Bangsa yang menghargai Jasa Para Pahlawannya,” ucap Dandim.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Kapolres Mojokerto Kota AKBP Nyoman Budiarja, Forpimda Kota Mojokerto, Dandenpom V/2 Mojokerto Letkol Cpm Kartamizen, SH, Ka SKPD Kota Mojokerto, Ketua Pepabri Mojokerto (Letkol Purn HM Shodiq), Toga, Tomas, Toda, Ormas Kepemudaan (Ansor dan Banser).

Tampak pula , keluarga Alm. KH. Nawawi, Personel TNI – Polri (Korem 082/CPYJ, Kodim 0815, Bapras Jajaran Rem 082/CPYJ, Polres Mojokerto Kota), Satpol PP Kota Mojokerto, Pelajar dan Warga masyarakat. Selama kegiatan berlangsung dengan tertib, lancar dan aman. (*)

Sumber: penrem 082cpy

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO