Desa Sendang Kecamatan Senori Dijadikan Kampung KB

Desa Sendang Kecamatan Senori Dijadikan Kampung KB Sekda Tuban Budi Wiyana bersama Camat Senori Eko Julianto beserta Muspika saat meresmikan Desa Sendang sebagai desa KB dengan ditandai pelepasan balon. foto: AHMAD/ BANGSAONLINE

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Desa Sendang, Kecamatan Senori, Kabupaten Tuban diresmikan sebagai desa pencanangan Kampung Keluarga Berencana (KB).

Acara peresmian kampung KB tersebut dilakukan oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) di balai Desa Sendang ditandai dengan pemukulan gong oleh Camat Senori, Eko Julianto dan pelepasan balon oleh Sekda Tuban, Budi Wiyana di halaman Balai setempat, Selasa (1/11).

Rety Satryaningrum, Perwakilan BKKBN Tuban menjelaskan, kampung KB merupakan upaya penguatan progam Kependudukan Keluarga Bencana, dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) yang dikelola dan diselenggarakan oleh masyarakat. Program ini menyinergikan program KB dengan semua pihak terkait guna memudahkan pelayanan KB.

Untuk itu, ia berharap ke depannya program ini didukung APBDes sehingga lebih optimal. “Semoga dengan adanya program pencanangan kampung KB ini, diharapkan semua pihak bersinergi dalam pembangunan dan pembinaan keluarga di Desa Sendang, Kecamatan Senori dapat tercapai,” terangnya.

Kepala Desa Sendang, Minan Nurirohman menyatakan dirinya mendukung kampung KB di Desanya. “Karena di desa ini kesuburan produktf masih tinggi,” ucapnya.

Sementara Camat Senori Eko Julianto mengajak masyarakat mendukung progam tersebut. 

Begitu pula Sekretaris Daerah Tuban, Budi Wiyana, menyatakan harus ada sinergitas antara umaro dan ulama agar keberadaan program tersebut berjalan.

"Terutama, Pemerintah Kecamatan Senori agar membuat jejaring akses dan menyosialisasikan terkait progam pemerintah, khususnya petugas penyuluh KB dengan menggunakan kearifan lokal. Sehingga dengan begitu akan melahirkan tujuan dan kesejahteraan bersama," ujar mantan Kepala Bappeda Tuban itu.

Acara itu dihadiri pula oleh Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) Senori dan Segenap Pewakilan UPTD/UPTB Senori, Ketua Tim Pengerak Pembinaan Kesejahtraan Keluarga (TP-PKK) Senori, dan sejumlah Perangkat Desa Se-Kecamatan Senori. (tbn1/wan/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO