Sebulan, Dishubkominfo Banyumas Mampu Layani Uji KIR 1500 Kendaraan

Sebulan, Dishubkominfo Banyumas Mampu Layani Uji KIR 1500 Kendaraan Ilustrasi

BANYUMAS, BANGSAONLINE.com - Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Kabupaten Banyumas maksimalkan layanan pengujian kendaraan bermotor atau uji KIR dalam rangka pemenuhan persyaratan teknik dan laik jalan.

"Setiap bulan kita mampu melayani uji KIR sekitar kurang lebih 1.500 kendaran," kata Kepala Seksi Pengujian Kendaraan Bermotor Dishubkominfo, Budi,SH, Selasa 11 Oktober 2016.

BACA JUGA:

Ia mengatakan, pengujian kendaraan bermotor setiap bulannya dilakukan untuk kendaraan berpenumpang atau bermuatan khusus mulai dari angkutan kota, angkutan barang, truk dan bus.

"Yang lebih dominan melakukan pengujian KIR mobil barang bak terbuka, jumlahnya lebih dari puluhan," katanya.

Untuk kendaraan tonase besar seperti truk dan bus, lanjutnya, relatif sedikit jumlah yang melakukan pengujian KIR karena luas wilayah Kota Bogor yang tidak banyak terdapat pabrik atau jalan lintas.

"Berbeda dengan Kabupaten Bogor yang wilayahnya luas, banyak terdapat industri jadi pengujian KIR untuk kendaraan bertonase besar lebih banyak," katanya.

Ia mengatakan, layanan pengujian KIR dilakukan di Kantor Dishubkominfo Kabupaten Banyumas dan pemeriksaan dilakukan oleh penguji yang sudah memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh pemerintah. Terdapat sembilan petugas pejabat fungsional yang melakukan pengujian setiap harinya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO