​Wuih, Sapi Bercacing Dijual Untuk Hewan Kurban

​Wuih, Sapi Bercacing Dijual Untuk Hewan Kurban Petugas Disnak Tulungagung saat memeriksa sejumlah hewan kurban. Foto : fery wahyudi/bangsaonline.com

TULUNGAGUNG, BANGSAONLINE.com - Sidak hewan kurban yang dilakukan diseluruh wilayah kembali menemukan hewan tidak layak konsumsi. Temuan ini terjadi di Tulungagung. Dinas Peternakan setempat yang menggelar sidak, menemukan seekor sapi yang menderita borok pada mata, dijual oleh salah satu pedagang hewan kurban. Kepala Bidang Kesehatan Hewan Dinas Peternakan Kabupaten Tulungagung, Mulyanto mengatakan pihaknya telah meminta kepada pedagang sapi ini untuk tidak dijual serta menghimbau agar masyarakat lebih cermat dalam membeli hewan kurban.

"Sapi yang tidak layak konsumsi ini mengidap penyakit cascado atau borok pada sekitar mata," jelasnya. Penyakit hewan jenis casado tersebut di akibatkan oleh cacing pita yang hidup di dalam tubuh hewan. Sehingga di bagian kulit luar sapi terdapat borok dan tidak layak di konsumsi.

Ia juga menjelaskan kendati jenis penyakit ini tidak menular, namun jika disembelih hendaknya bagian yang terkena penyakit dibuang , karena dipastikan bagian yang terinfeksi tersebut adalah penyakit.

Mulyanto, menghimbau pada calon pembeli, untuk memilah milah terlebih dahulu, sebelum membeli hewan yang akan di jadikan korban. "Sebaiknya cari hewan yang sehat, yang sesuai dengan syarat agama," tambahnya (fer).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Pastikan Harga Stabil Jelang Idul Adha, Wali Kota Mojokerto Sidak Pasar Hewan dan Bahan Pangan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO