Kabupaten Gresik Kembali Sabet Juara dalam Lomba UKS Tingkat Nasional

Kabupaten Gresik Kembali Sabet Juara dalam Lomba UKS Tingkat Nasional Ketua TP PKK Kabupaten Gresik, Hj. Maria Ulfa Sambari menerima piala dari Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah, Hamid Muhammad. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten Gresik kembali sukses meraih penghargaan di kancah nasional dalam bidang Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) tahun 2016.

Kali ini, Taman Kanak-kanak Persatuan Istri Karyawan Petrokimia Gresik (TK PIKPG) yang mewakili Kabupaten Gresik serta Provinsi Jawa Timur ini berhasil meraih The Best Performance, yaitu Juara I Nasional Lomba Lingkungan Sekolah Sehat (LLSS) Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) tingkat Nasional tahun 2016.

Penghargaan tersebut diterima oleh Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Gresik, Hj. Maria Ulfa Sambari dari Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah, Hamid Muhammad di Hotel Syahid Jaya Jakarta, Kamis (18/8).

Selain penghargaan, Maria Ulfa juga mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp 35 juta rupiah sebagai Juara I Nasional.

Kepastian sebagai Juara 1 Nasional ini diterima Tim UKS Gresik setelah sebelumnya Ketua TP PKK Maria Ulfa Sambari, Ketua Tim UKS Kabupaten Gresik Tursilowanto Hariogi dan Kepala TK PIKPG Ma’rifa mempresentasikan tentang program UKS yang dijalankan di TK PIPG tersebut.

Dalam Presentasi tersebut Hj. Maria Ulfa Sambari menjelaskan tentang sinergi antara TP PKK Kabupaten Gresik sampai tingkat Kelurahan yang memberikan suport penuh kepada TK PIKPG. ”UKS ini merupakan implementasi dari sepuluh Program pokok PKK” ujarnya.

Maria Ulfa Sambari juga menyebut berbagai langkah yang telah dilaksanakan dalam mendukung program UKS di Sekolah. "Khusus di TK PIPKG, kami melakukan pembinaan secara intensif. Pembinaan juga didukung oleh TP PKK mulai tingkat desa, kecamatan sampai tingkat Kabupaten Gresik," jelasnya.

Belum lagi dukungan penuh dari PT Petrokimia Gresik. Perusahaan BUMN ini yang merupakan induk dari seluruh organisasi yang ada di lingkungan perusahaan tersebut.

Perusahaan pemroduksi pupuk itu ikut memberikan andil besar terhadap berlangsungnya program UKS pada TK PIKPG yang terletak di Jalan James Simanjutak Kompleks PT Petrokimia Gresik.

Bersama , perusahaan ini membangun berbagai fasilitas yaitu area promosi kesehatan di Kecamatan Gresik, Taman UKS dan Tugu UKS.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO