75 Kades Hasil Pilkades Serentak Kabupaten Sidoarjo Dilantik Bareng

75 Kades Hasil Pilkades Serentak Kabupaten Sidoarjo Dilantik Bareng Pelantikan 75 kades Pilkades Serentak Tahun 2016 yang dilakukan oleh Bupati Sidoarjo, di Pendopo Delta Wibawa, Selasa (27/07/2016) pagi ini. foto: mustain/ BANGSAONLINE

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 75 kepala desa (Kades) hasil Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Tahun 2016, Kabupaten Sidoarjo, dilantik bareng di Pendopo Delta Wibawa, Sidoarjo, Selasa (26/7) pagi.

Pelantikan kades masa jabatan 2016-2022 hasil Pilkades serentak gelombang satu ini, dilakukan oleh Bupati Sidoarjo H Saiful Ilah. Selain Forpimda Sidoarjo, diantaranya Kapolres Sidoarjo AKBP Moh Anwar Nasir, Dandim 0816 Sidoarjo Letkol Inf Andre Julian dan Ketua DPRD H Sullamul Hadi Nurmawan, Pelantikan Kades serentak ini juga dihadiri Wagub Jatim Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dan anggota Komisi II DPR RI, Lukman Edy.

Kabag Pemerintahan Pemkab Sidoarjo, Sugeng Darianto melalui Kasubag Tata Pemerintahan/Kelurahan, M Makhmud mengatakan, Pelantikan dilakukan terhadap 75 Kades terpilih hasil Pilkades serentak, yang digelar pada 29 Mei 2016 lalu.

"Dua desa tidak ikut, karena masih ada gugatan ke PTUN. Satu desa sudah menggelar, satu desa belum menggelar pilkades," cetus M Makhmud kepada BANGSAONLINE.com, di sela jelang prosesi pelantikan.

Kata Makhmud, pelantikan kali ini beda dengan tahun-tahun sebelumnya. Jika dulu, Kades terpilih mengeluarkan biaya swadaya untuk seragam dinas, kali ini kades tidak perlu merogoh koceknya, karena dibiayai dana APBD. "Per kades, dapat bantuan seragam dinas senilai Rp 2 Juta," beber M Makhmud.

Kala prosesi pelantikan, Bupati Saiful Ilah membacakan sumpah jabatan yang diikuti kades yang dilantik, dilanjutkan dengan penandantanganan naskah pakta integritas, lalu penyematan pin dan tanda jabatan kades. (sta)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO