Sebagian Dana Desa Diharapkan Dialokasikan untuk Perbaikan Jalan Desa

Sebagian Dana Desa Diharapkan Dialokasikan untuk Perbaikan Jalan Desa Anggota Komisi II DPRD Kabupaten Sumenep, Akhmad Zainur Rahman. foto: RAHMATULLAH/ BANGSAONLINE

SUMENEP, BANGSAONLINE.com - Alokasi anggaran di APBD untuk perbaikan jalan poros desa di Kabupaten Sumenep lebih kecil dibandingkan untuk akses kecamatan. Untuk memaksimalkan perbaikan jalan desa itu, diharapkan pemerintah desa maksimal menggunakan Dana Desa (DD) yang besaran anggarannya cukup fantastis.

Anggota Komisi II DPRD Kabupaten Sumenep, Akhmad Zainur Rahman, menuturkan bahwa dalam postur tubuh APBD anggaran pembangunan dan perbaikan infrastruktur jalan diprioritaskan untuk jalan poros kecamatan. Sedangkan jalan poros desa menjadi prioritas kedua.

“Keseluruhan anggaran jalan untuk tahun 2016 ini sekitar 35 miliar. Alokasi untuk jalan desa lebih sedikit daripada jalan kecamatan. Karenanya, kami harap sebagian dana desa bisa digunakan untuk pembangunan dan perbaikan jalan desa,” terangnya, Selasa (12/7).

Politisi partai Demokrat itu mengaku sering mendengar keluhan warga soal kerusakan jalan poros desa, padahal infrastruktur jalan merupakan salah satu penunjang penting dalam menggerakkan perekonomian warga.

Rahman berharap pemerintah di tingkat desa bisa mandiri soal anggaran pembangunan dan perbaikan infrastruktur jalan. Karena jika hanya bergantung pada kekuatan APBD, dia menganggap hal itu mustahil bisa terjadi, sebab APBD banyak tersededot untuk kegiatan lain.

“Informasi yang berkembang, pencairan dana desa sudah ada mencapai empat puluh persen, bahkan sudah ada yang enam puluh persen. Kami harap jalan desa bisa bagus dengan adanya bantuan dana dari pemerintah pusat itu,” tandasnya. (mat/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO