Tiga Bom Bunuh Diri Meledak di Dekat Masjid Nabawi, Konsulat AS dan Masjid Qatif

Tiga Bom Bunuh Diri Meledak di Dekat Masjid Nabawi, Konsulat AS dan Masjid Qatif Bom bunuh diri di Masjid Nabawi. ©2016 Merdeka.com/Twitter/Al Arabiya

MADINAH, BANGSAONLINE.com – Tiga meledak di Saudi Arabia dalam waktu berdekatan. Di antaranya insiden bom bunuh diri itu meledak di dekat Masjid Nabawi Madinah dan Masjid Qatif.

Pagi tadi waktu setempat, juga terjadi insiden ledakan di Kota Jeddah.

Nyaris sama dengan insiden Madinah dan Qatif, ledakan di Jeddah dilakukan di depan masjid yang kebetulan bersebalahan dengan Kantor Konsulat Amerika Serikat (AS). Akibat ledakan itu, dua petugas keamanan konsulat mengalami luka-luka. Saksi mata mengatakan pelaku mengendarai mobil dalam kecepatan pelan sebelum kemudian meledakkan diri, seperti dilaporkan Kantor Berita AFP. Petugas Konsulat AS segera diamankan ke bangunan lain akibat ledakan tersebut.

Selanjutnya, menjelang maghrib, bom meledak di depan Masjid Jami Qatif yang menjadi tempat ibadah minoritas Syiah Arab Saudi. Pelaku meledakkan dirinya persis di halaman depan masjid, namun tidak ada warga menjadi korban.

"Saya bisa melihat bagian tubuh berserakan. Hampir pasti ini ," kata Nasima al-Sada selaku saksi mata di Qatif, seperti dilaporkan kantor berita AFP.

Dalam waktu berdekatan, mendekati Isya, mobil yang terparkir di pelataran Masjid Nawabi meledak. Otoritas Kerajaan Petro Dollar ini menyatakan insiden di masjid suci Kota Madinah itu sebagai aksi bunuh diri militan.

Stasiun televisi Al Arabiya menyatakan saksi melihat pengendara mobil sempat mendekati petugas keamanan masjid Nabawi sebelum terjadi ledakan. Masjid Nabawi adalah masjid tersuci kedua di dunia dalam ajaran Islam, karena didirikan langsung oleh Nabi Muhammad SAW.

Sejauh ini belum ada laporan korban jiwa ataupun luka dari insiden di Madinah maupun Qatif, kecuali para pelaku. Pemerintah Saudi juga belum memberikan pernyataan mengenai dugaan pelaku.

Sejak 2014 Saudi mengalami rentetan kasus yang didalangi oleh militan Negara Islam Irak dan Syam (ISIS) maupun Al Qaidah Yaman. Rata-rata target para militan adalah masjid-masjid kelompok Syiah yang berada di kawasan timur Negeri Petro Dollar itu.

Sumber: merdeka.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'H Muhammad Faiz Abdul Rozzaq, Penulis Kaligrafi Kiswah Ka'bah Asal Pasuruan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO