Dampak Pengadilan Tinggi Lakukan Pengawasan Ke PN Sidoarjo, Sehari hanya Sidangkan 1 Perkara Pidana

Dampak Pengadilan Tinggi Lakukan Pengawasan Ke PN Sidoarjo, Sehari hanya Sidangkan 1 Perkara Pidana Ketua PN Sidoarjo, Ifa Sudewi SH (tengah) saat berbincang dengan hakim dari Pengadilan Tinggi meninjau informasi publik. foto: NANANG I/ BANGSAONLINE

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Pengadilan Tinggi (PT) Jawa Timur melakukan pengawasan rutin ke Pengadilan Negeri Sidoarjo, Senin (27/6). Hal ini membuat sejumlah hakim maupun panitera sibuk mendengarkan arahan dari hakim Pengadilan Tinggi.

Kegiatan yang digelar di ruang sidang utama delta kartika selama kurang lebih 3 jam itu, sejumlah hakim maupun panitera serta pegawai PN Sidoarjo tampak antusias mendengarkan arahan dari hakim PT.

Namun kunjungan PT itu berdampak pada jadwal sidang. Informasi yang dihimpun BANGSAONLINE.com, sidang hari ini (27/6), tampak berbeda dengan sidang di hari-hari biasanya.

Terbukti, PN Sidoarjo hanya menyidangkan satu perkara pidana kasus pencurian yang digelar di ruang Sari. "iya, hari ini sidang pidana cuma 1. Kalo perdata sekitar 5 perkara," kata sumber internal PN, yang enggan disebutkan namanya.

Terpisah, humas PN Sidoarjo H. Zaeni SH membantah kedatangan tim pengawasan dari Pengadilan Tinggi berdampak pada persidangan. "Enggak, memang ini kegiatan rutin pengawasan dari PT (pengadilan Tinggi)," ujarnya.

Zaini mengungkapkan, agenda sidang untuk hari Senin memang biasanya sedikit, beda dengan hari Selasa, Rabu dan Kamis. "Itu banyak. Kalo hari Senin memang sepi soalnya (para hakim) baru pada datang balik dari perjalan, kecuali bagi sidang tahanan yang tidak bisa diundur, itu tetap disidangkan," pungkasnya. (nni/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO