Tips Puasa Bugar ala Bupati Syahri Mulyo, Hindari Junk Food agar tak Loyo

Tips Puasa Bugar ala Bupati Syahri Mulyo, Hindari Junk Food agar tak Loyo

TULUNGAGUNG, BANGSAONLINE.com - Ada tips menarik dari , Syahri Mulyo agar tak loyo saat puasa. Saat sahur dan buka puasa, dianjurkan tidak mengkonsumsi makanan jenis junk food. Makanan jenis ini, biasanya lebih popupler dengan makanan siap saji yang banyak ditemui di pasaran. Selain kurang sehat, junk food juga minim kandungan nutrisi. Karena itu, kurangi konsumsinya.

Tips ini penting, terutama bagi mereka yang tetap beraktivitas kerja saat puasa di siang hari.

“Ini penting bagi tubuh. Jika menyantap makanan jenis itu (junk food), stamina saat siang hari saat banyak pekerjaan di kantor seperti pegawai pemerintahan, secara perlahan menjadi lemah dan lesu. Solusinya, konsumsilah makanan berprotein tinggi, sayuran dan buah buahan yang banyak mengandung air,” ujarnya.

Menurut Syahri Mulyo, junk food jika dikonsumsi secara langsung, memang lezat. Namun hal itu justru akan berefek buruk ketika menjalankan puasa, lantaran makanan tersebut sangat rendah gizi. Selain itu, proses penyajiannya melalui pengemasan pabrik makanan siap saji.

“Kami anjurkan kepada semua pegawai pemerintahan dan masyarakat Tulungagung, konsumsilah makanan buatan sendiri. Sehingga pola makan sehat dapat terkontrol dengan baik. Selain itu, imbangi dengan istirahat yang cukup. Sehingga aktivitas tetap lancar meskipun berpuasa,” sarannya.

Selanjutnya masih menurut bupati, direkomendasikan setiap buka dan sahur, menyediakan buah kurma. Ini karena kurma mengandung banyak zat glukosa dan kadar kalori yang rendah. Selain itu dianjurkan berolahraga sebelum buka dan sesudah sahur.

“Selain makan makanan sehat, juga perlu dilakukan penyeimbangan rutin olahraga karena berfungsi menjaga kebugaran dan memperlancar saluran aliran darah di dalam tubuh manusia,” tambah bupati. (fer/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO