Banjir Rob di Blitar Selatan, BPBD Belum Tinjau Lapangan

Banjir Rob di Blitar Selatan, BPBD Belum Tinjau Lapangan Banjir rob di pantai Tambakrejo, Blitar. foto: detikcom

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Blitar hingga saat ini belum meninjau lokasi banjir rob di daerah Blitar selatan. Utamanya di pantai Tambakrejo kecamatan Wonotirto dan pantai Serang kecamatan Panggungrejo.

Padahal sesuai informasi yang dihimpun dari Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Blitar, di daerah tersebut pada Rabu (8/6), telah terjadi banjir rob, akibat tingginya gelombang air laut. Air laut masuk ke pemukiman warga yang ada di sekitar pantai. Hal itu sesuai prediksi BMKG bahwa gelombang tinggi dan pasang laut di pesisir pantai selatan Jawa naik dan mencapai puncaknya pada Rabu lalu.

Menanggapi hal itu kepala BPBD Kabupaten Blitar Heru Irawan tidak membantah jika pihaknya memang belum meninjau lokasi banjir rob. Meski sudah ada laporan dari warga di sekitar pantai Serang dan pantai Tambakrejo.

"Laporan baru kami terima, tapi BPBD akan segera menurunkan tim untuk meninjau wilayah yang memang terdampak banjir rob," ungkap Heru kepada wartawan, Kamis (9/6).

Heru menjelaskan, bencana banjir rob akibat naiknya air laut masih pertama kali terjadi di Kabupaten Blitar. Sehingga pihak BPBD sendiri juga masih belum memiliki solusi untuk menanganinya. "Selama bertahun-tahun ya baru kali ini air laut naik sampai ke pemukiman," imbuhnya.

Simak berita selengkapnya ...