Dewan Pendidikan Dorong Pemkab Tuban segera Bahas Raperda Pendidikan Karakter

Dewan Pendidikan Dorong Pemkab Tuban segera Bahas Raperda Pendidikan Karakter ilustrasi

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Tuban, Sutrisno mengatakan bahwa pemkab perlu secara istiqomah meningkatkan mutu pendidikan di bumi wali.

"Perlu ditingakatkan, khususnya soal pendidikan kharakter anak," kata Sutrisno kepada BANGSAONLINE.com, Selasa (11/5).

Sutrisno mengakui saat ini pemkab sudah memperhatikan lembaga pendidikan baik dari segi bantuan fisik maupun peningkatan SDM guru. Akan tetapi, yang menjadi PR pemkab saat ini adalah fokus pada siswa. Melihat narkoba yang saat ini sudah masuk ke pedesaan dan adanya pergaulan bebas, pemkab harus segera bertindak dan mencari solusi. Untuk itu, Sutrisno mendukung rencana pemkab soal perda pendidikan karakter.

"Kami harap perda pendidikan karakter itu segera didok, agar bisa diterapkan di sekolah atau di madrasah di Tuban," ungkap mantan Kakanwil Kemenag Jawa Timur ini.

Menurut Sutrisno, saat ini sudah ada beberapa sekolah yang sudah menerapkan kebiasan-kebiasan positif. Misalnya, membaca asmaul husna maupun hafalan Al Qur'an sebelum pelajaran.

"Ini sangat bagus karena sudah sesuai dengan kultur Tuban bumi wali. Seharusnya kebiasaan tersebut harus diberlakukan pada seluruh sekolah di Kabupaten Tuban. Kami harap lembaga pendidikan yang lain juga ikut menerapkan kegiatan yang positif itu," katanya.

Hal serupa diungkapkan Sekretaris Komisi C DPRD Tuban, Mutafarida. Berdasarkan data, ia mengakui bahwa perhatian pemkab terhadap pendidikan saat ini lebih banyak ketimbang tahun sebelumnya.

Hanya saja, ia meminta agar pemkab lebih menekankan soal pendidikan karakter pada siswa. "Ini dimaksudkan agar para siswa tidak terjerumus pada kegiatan yang cenderung negatif, seperti tenggak karnopen, pergaulan bebas maupun kegiatan positif lainnya," pungkasnya. (wan/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO