DPRD Gresik Dorong Desa se-Kabupaten Gresik Menjadi Desa Mandiri

DPRD Gresik Dorong Desa se-Kabupaten Gresik Menjadi Desa Mandiri Wakil Ketua DPRD Gresik, Nur Qolib. foto: syuhud/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Momentum sosialisasi Perda (peraturan daerah) produk tahun 2015 dimanfaatkan para wakil rakyat yang duduk di untuk memberikan pencerahan dan pemahaman kepada masyarakat, terutama konstituennya. Tidak terkecuali wakil rakyat yang memiliki jabatan sebagai pimpinan DPRD.

Wakil Ketua , Nur Qolib misalnya. Politisi PPP ini saat ini sedang gencar sosialisasi tentang keberadaan UU (Undang-Undang) Nomor 06 Tahun 2014 tentang Desa, PP (Peraturan Pemerintah) Nomor 47 Tahun 2015 amandemen PP Nomor 43 th 2014, tentang Desa sebagai petunjuk teknis UU tersebut.

Selain itu, Nur Qolib juga intens sosialisasi keberadaan Perda Nomor 12 Tahun 2015, tentang Pedoman Pencalonan, Pemilihan, Pengangkatan dan Pemberhentian Kepala Desa, sebagai implementasi UU dan PP tersebut.

"Ada tujuan mendasar di balik sosialisasi UU Nomor 06 Tahun 2014, PP Nomor 47 Tahun 2015 dan Perda Nomor 12 Tahun 2015. Saya ingin agar Desa di Kabupaten Gresik, terutama desa di wilayah Dapil (daerah pemilihan) saya (Menganti dan Kedamean) menjadi desa mandiri," kata Nur Qolib.

Ditegaskan Nur Qolib, kalau desa-desa di Kabupaten Gresik yang jumlahnya sekitar 330 desa, menjadi desa mandiri, maka mereka akan bisa mengatur dan mengelola desa sendiri, tanpa banyak campur tangan pemerintah.

Karena itu, lanjut Nur Qolib, untuk bisa mewujudkan desa mandiri sesuai yang diharapkan, Pemkab Gresik harus menyiapkan anggarannya.

"Saat sosialisasi Perda dengan mengundang 37 BPB (Badan Perwakilan Desa) di Kecamatan Kedamean dan Menganti, tokoh masyarakat dan warga PPP, kami sampaikan keinginan untuk terwujudnya desa mandiri tersebut," ungkapnya.

Di hadapan para wakil rakyat desa (BPD), Nur Qolib mengaku juga telah menyampaikan kepada mereka, kalau pemerintah Kabupaten Gresik telah mengalokasikan anggaran dalam program DD (Dana Desa).

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO