36 Calon Kades se-Kecamatan Krian Sidoarjo Deklarasi Pilkades Damai

36 Calon Kades se-Kecamatan Krian Sidoarjo Deklarasi Pilkades Damai TEKEN: Salah satu calon Kades meneken ikrar Pilkades Damai, di Kantor Kecamatan Krian, Sidoarjo, Rabu (6/4) malam. foto: humas pemkab sidoarjo untuk BANGSAONLINE

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 36 Calon Kepala Desa (Kades) di 13 desa di Kecamatan Krian yang akan mengikuti Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak, menggelar deklarasi Pilkades serentak secara damai, di Kantor Kecamatan Krian, Rabu (6/4) malam.

Ikrar Pilkades Damai ini, di antaranya siap dipilih dan tidak dipilih demi terciptanya Krian yang kondusif. Ikrar ini diucapkan di hadapan Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah serta Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimka) Kecamatan Krian.

Terkait ikrar Pilkades Damai ini, Bupati Sidoarjo H Saiful Ilah, berharap deklarasi damai menjadi komitmen awal para calon kepala desa untuk menjaga pelaksanaan pilkades bisa berlangsung aman, tertib, lancar dan sukses.

Ia mengatakan selama ini Pilkades seringkali memantik konflik horizontal di tengah masyarakat. Untuk itu ia berharap para calon Kades yang akan bertarung dalam pemilihan nanti dapat menjaga konstituennya. Hal tersebut diperlukan demi menjaga kondusifitas di desa masing-masing calon.

“Langkah ini dinilai sangat tepat untuk deteksi dini dalam mengantisipasi konflik saat pelaksanaan pilkades,” cetusnya.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Sidoarjo mengimbau kepada para peserta Pilkades untuk memiliki mental siap menang dan siap kalah. Dengan begitu nantinya dapat menerima hasil Pilkades dengan ikhlas. "Bagi calon yang menang maupun yang kalah nantinya bisa menerima dengan legowo dan lapang dada,” pintanya.

Bupati juga berpesan kepada para unsur penyelenggara Pilkades untuk dapat bekerja sesuai prosedur dan tata kerja yang diatur perundang-undangan yang berlaku. Selain itu penyelenggara Pilkades diharapkan dapat meminimalisir permasalahan agar tidak sampai terjadi sengketa dalam pelaksanaan Pilkades nantinya. Mengingat, ujar Saiful Ilah, bahwa Pilkades serentak kali ini sebagai sarana memberikan pendidikan politik dan demokrasi yang baik dan benar kepada rakyat.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO