Tim Inti SQ Sesalkan Pembahasan Musrenbang

Tim Inti SQ Sesalkan Pembahasan Musrenbang Bupati Sambari ketika membuka Musrenbang. foto: syuhud/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) yang digelar Bupati-Wabup Sambari Halim Radianto-Moh.Qosim pada Senin-Selasa (28-29/3) kemarin menyisakan kritik tidak sedap.

Sebab, beberapa tim inti yang turut andil besar dalam kemenangan SQ pada Pilkada pada Desember 2015, tidak dilibatkan dalam pembahasan Musrenbang yang akan menjadi rujukan Perda (peraturan daerah) RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) tahun 2016-2021. Padahal, mereka yang tahu persis soal isi visi-misi dan janji-janji SQ pada saat kampanye Pilkada.

"Kalau sampai visi-misi dan janji-janji kampanye SQ itu mbleset atau tidak bisa real hingga akhir jabatan (2021), jelas kami ikut bertanggungjawab. Kami ikut berdosa kalau janji-janji yang telah dinantikan masyarakat itu tidak bisa diwujudkan," kata salah satu tim inti SQ saat Pilkada Gresik 2015 yang enggan disebutkan namanya, Minggu (3/4).

Seharusnya, lanjut dia, sebelum menggelar Musrenbang SQ mendiskusikan terlebih dahulu dengan tim inti untuk pembahasannya.

Langkah itu dilakukan untuk mengkonkretkan program apa saja yang akan dikerjakan SQ selama lima tahun pemerintahan (2016-2021).

"Program SQ yang tertuang dalam visi-misi dan janji-janji kampanyenya itu seharusnya didiskusikan dulu, mana dulu yang dikerjakan, butuh anggaran berapa. Sehingga, dalam jangka lima tahun pemerintahan itu visi-misi dan janji-janjinya itu bisa dituntaskan atau tidak," cetusnya.

Ditambahkan dia, para tim inti SQ khawatir, kalau Musrenbang itu hasilnya justru ada beberapa program yang menyimpang dari visi-misi dan janji kampanye. Terlebih, ada visi-misi dan janji-janji kampanye yang tidak dimasukkan.

"Sebagai tim inti SQ, kami jelas khawatir kalau Musrenbang kemarin itu programnya hanya copas (copy paste) tahun sebelumnya dan memasukkan program yang tidak pernah tertuang dalam visi-misi dan janji kampanye," pungkasnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO