Musrenbang Ponorogo Penyusunan RKPD 2017: Harmoniskan Eksekutif dan Legislatif

Musrenbang Ponorogo Penyusunan RKPD 2017: Harmoniskan Eksekutif dan Legislatif Bupati Ponorogo Drs H Ipong Muchlissoni saat memberikan sambutan kala membuka Musrenbang. foto: fajar/ BANGSAONLINE

PONOROGO, BANGSAONLINE.com - Pemkab Ponorogo menggelar Musrenbang untuk penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) 2017, Kamis (31/3).

Pembukaan Musrenbang yang digelar di Gedung Pertemuan Sasana Praja ini dihadiri oleh Ketua DPRD Ponorogo H Ali Mufti, S.Ag, Anggota DPRD Kabupaten Ponorogo, Bupati, Wakil Bupati, Forpimda, Kepala Bappeda Propinsi, Kepala Bakorwil, Kepala Bappeda se-Karesidenan Madiun dan Wonogiri, Sekda, SKPD/Badan/Kantor Kabupaten, Kepala Instansi Vertikal, Camat se Kabupaten Ponorogo, Pimpinan Ponpes/ Perguruan Tinggi, LSM dan Ormas.

Adapun tema Musrenbang 2016 adalah "Pembentukan infrastruktur dan modernisasi pertanian melalui pembangunan produk pertanian organik“.

Kepala Bappeda Kabupaten Ponorogo Ir Sumarno, MM, mengungkapkan Pelaksanaan Musrenbang RKPD Kabupaten di wilayah Kabupaten Ponorogo ini merupakan cerminan wujud sistem perencanaan partisipatif dari masyarakat. 

"Proses penyelenggaraan pemerintah Kabupaten Ponorogo tidak terlepas dari dukungan penuh masyarakat dalam segala bentuk upaya untuk mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan. Bentuk keterlibatan partisipasi aktif masyarakat diawali dengan keikutsertaan dalam proses perencanaan pembangunan daerah, berupa Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang)," tandasnya.

Sementara Bupati Ponorogo Drs H Ipong Muchlissoni mengatakan Perencanaan yang partisifatif diawali dari Musrenbang Desa/Kelurahan. Selanjutnya Musrenbang RKPD Kabupaten di Kecamatan, forum SKPD, Musrenbang RKPD Kabupaten, Musrenbang RKPD Provinsi sampai Musrenbang Nasional RKP.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO