Tarian Kolosal 1212 Sang Panji Buka Rangkaian Hari Jadi Kediri 2016

Tarian Kolosal 1212 Sang Panji Buka Rangkaian Hari Jadi Kediri 2016 Bupati Kediri Haryanti Sutrisno saat menerima bunga dari peserta tari Panji dalam pembukaan hari jadi Kabupaten Kediri 2016. foto: hms

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Rangkaian acara Hari Jadi Kabupaten Kediri ke 1.212 telah dimulai dengan dengan diawali Tarian Kolosal 1212 Sang Panji di depan Kantor Dinas Perhubungan Kabupaten Kediri, tepatnya di area sebelah utara Simpang Lima Gumul (SLG), Kamis (24/5) sore.

Dalam penampilan Tarian Kolosal 1212 Sang Panji, diawali dengan penari dari para guru SMP, SMA dan SMK di Kabupaten Kediri yang menampilkan tarian Panji Gumelar Sasanti. Di sela tarian Panji Gumelar Sasanti, 2 orang penari maju ke depan panggung utama untuk memberikan bunga yang diterima langsung oleh Bupati Kediri dr. Hj. Haryanti Sutrisno.

Setelah tarian Panji Gumelar Sasanti selesai, dilanjutkan dengan iring-iringan penari yang terdiri dari anak-anak SMA di Kabupaten Kediri. Iring-iringan tersebut menggambarkan tentang Legenda Kleting Kuning, Merah, Hijau, Yuyu Kangkang dan Panji Asmorobangun yang terbagi menjadi 10 kelompok penari.

Iring-iringan tersebut membawa replika (tiruan) dari Prasasti Harinjing yang merupakan bukti sejarah tentang Hari Jadi Kediri yang jatuh pada tanggal 25 Maret 804 Masehi. Selain itu juga dibacakan isi dari Prasasti Harinjing, beserta terjemahannya.

Kemudian dilanjutkan dengan Tari Umbul-Umbul Panji Gumilang yang dibawakan oleh 1212 murid Sekolah Dasar se Kabupaten Kediri. Tari Umbul-Umbul Panji Gumilang ini merupakan tari kolosal yang jumlah penarinya sama dengan Hari Jadi Kabupaten Kediri, yaitu 1212.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO