9 Maret, Gerhana Matahari Total Bisa Dilihat di Seluruh Indonesia, Ada Prangko Edisi Khusus

9 Maret, Gerhana Matahari Total Bisa Dilihat di Seluruh Indonesia, Ada Prangko Edisi Khusus Pegawai menunjukkan perangko edisi Gerhana Matahari Total di Kantor Pos Pasar Baru, Jakarta, Selasa (23/2). foto: merdeka.com

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - Wisatawan dan masyarakat di seluruh wilayah Indonesia dipastikan bisa melihat fenomena matahari pada 9 Maret mendatang.

"Seluruh wilayah bisa menikmati matahari. Yang berbeda hanya berbeda persentase kegelapan saat bulan menutupi matahari," kata Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa (LAPAN), Thomas Djalaluddin.

Ia memberi contoh di Jakarta, wisatawan dapat melihat kegelapan matahari sampai 88 persen. Thomas menuturkan untuk 12 provinsi di Indonesia yang dilewati matahari total hanya akan mendapatkan kesempatan untuk melihat korona.

"Jadi yang membedakan hanyalah korona matahari di 12 provinsi jalur matahari total," lanjutnya.

Selain 12 provinsi yang disebutkan Thomas, persentase matahari yang bisa disaksikan mulai dari 77,6 hingga 98,2 persen. Ia juga mengatakan wisatawan di wilayah Papua dapat melihat proses-proses matahari total. 

"Jadi kalau yang berada di wilayah utara jalur , bagian gelapnya di sebelah kanan matahari. Kalau di utara jalur , bagian gelapnya di kiri matahari," ungkapnya.

Gerhana Matahari Total 2016 akan melintasi 12 provinsi di Indonesia, seperti Bengkulu, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Jambi, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Maluku Utara.

Sementara Kepala Biro Humas BMKG, Wahju Adji, menjelaskan, Beberapa wilayah dijadikan lokasi pengamatan mengenai Gerhana Matahari Total. Di antaranya seperti di Bengkulu, Palu dan Ternate. Sedangkan untuk pengamatan gravitasi akan dilaksanakan di Palu. Kota Palu merupakan kota yang paling terdampak dari Gerhana.

“Kejadian ini sangat istimewa karena wilayah daratan yang dilalui matahari total hanya Indonesia,” kata Wahju, Selasa (23/2).

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO