Cagub Jatim 2018? NasDem Jatim: Gus Choi Dukung Gus Ipul, Muzammil Sodorkan Hasan Aminuddin

Cagub Jatim 2018? NasDem Jatim: Gus Choi Dukung Gus Ipul, Muzammil Sodorkan Hasan Aminuddin Muzammil Syafi'i dan Effendi Choirie.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Arah politik Partai Nasonal Demokrat (NasDem) dalam pemilihan gubernur (pilgub) 2018 sangat gamblang. Setidaknya itu bisa dilihat dari sikap Ketua DPW Partai NasDem Jatim, Effendi Choirie. Politisi kawakan yang akrab disapa Gus Choi itu dengan tegas menyatakan dukungannya kepada Saifullah Yusuf (Gus Ipul) sebagai kandidat Gubernur Jatim pada Pilgub bulan Juni 2018 mendatang.

"Kita dukung Gus Ipul Wagub Jatim sekarang," tegas mantan anggota DPR RI itu kepada Didi, wartawan BANGSAONLINE.

Mantan politisi PKB itu mengungkapkan sejumlah alasan berpihak kepada Gus Ipul. Di antaranya, menurut Gus Choi, karena Gus Ipul yang mantan Ketua HMI Cabang Jakarta itu sukses membangun Jawa Timur bersama Pak De Karwo. Fakta itu bisa dilihat dari tingkat pertumbuhan ekonomi yang bagus. Selain itu, stabilitas politik dan keamanan di provinsi yang memiliki 38 pemerintah daerah itu juga sangat kondusif. Di samping itu, kata Gus Choi, Gus Ipul adalah representasi tokoh Nahdlatul Ulama (NU) di Jatim. Karena itu sudah saatnya merealisasikan warga NU memimpin Jawa Timur dengan mendorong Gus Ipul sebagai calon gubernur .

"Duet Pak De - Gus Ipul sukses memimpin Jatim. Karena Pak De sudah tak bisa lagi melanjutkan kepemimpinan, sudah sepatutnya tongkat estafet dilanjutkan Gus Ipul. Apalagi dia NU, jadi realistis kita dukung," tutur politisi berlatar wartawan tersebut.

Soal kondisi riil NasDem yang hanya memiliki empat kursi di parlemen diakui Gus Choi sebagai realitas politik. Karena itu, NasDem akan membuka komunikasi politik dengan partai-partai di Jawa Timur. Menurut dia, koalisi adalah suatu keharusan untuk memenuhi persyaratan dukungan untuk menjadi peserta pilgub, yakni 20 kursi parlemen.

"Iya.. pastinya kita akan berkoalisi. Komunikasi politik juga mutlak dilakukan dengan partai lain," ujar mantan anggota Komisi I DPR 3 periode itu.

Dukungan Gus Choi kepada Gus Ipul bukan omong kosong. Menurut sumber BANGSAONLINE, Gus Choi sudah mendekatkan Gus Ipul kepada Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh (SP). Pendekatan dikemas dalam sejumlah agenda yang diprakarsai Gus Choi di Jatim yang selalu mendatangkan Surya Paloh dan Gus Ipul. Terakhir acara seminar ekonomi di Hotel Bumi Surabaya belum lama ini.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO