Rabu, 08 April 2020 09:05

Seleksi Dirut PD Pasar Surya Sepi Peminat: Dianggap Langgar Perda, PPPSS Tolak Rekrutmen

Rabu, 13 Januari 2016 00:53 WIB
Seleksi Dirut PD Pasar Surya Sepi Peminat: Dianggap Langgar Perda, PPPSS Tolak Rekrutmen

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Seleksi calon Direktur Utama (Dirut) dan Direktur Keuangan (Dirkeu) PD Pasar Surya Kota Surabaya ternyata sepi peminat. Padahal, bagi siapaun yang nantinya terpilih mereka diiming-imingi gaji hingga Rp 51 juta per bulan.

Pada lowongan atau rekrutmen yang dibuka 11 hingga 16 Desember lalu, ternyata peminatnya jauh dari harapan. Yang mendaftar sebanyak 11 pelamar hingga batas pendaftaran ditutup dengan cap pos tanggal 16 Desember pukul 24.00 WIB.

Dengan rincian, 10 pelamar dengan posisi dirut dan 1 pelamar pada posisi dirkeu. Untuk posisi dirut, ada 2 pelamar yang harus dicoret karena umurnya tidak sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan.

Yang menarik, surat lamaran yang masuk ada nama Dwi Hari. Lelaki ini adalah mantan Dirtek PD Pasar Surya beberapa waktu lalu yang mengundurkan diri karena mengisi jabatan lain di tempat lain. Dwi Hari kini mengincar posisi sebagai dirut.

Kemudian Badan Pengawas PD Pasar Surya memperpanjang rekrutmen dari 17 Desember hingga 5 Januari lalu. Ternyata sama saja, jumlah pelamar tidak memenuhi harapan.

Berdasarkan surat lamaran yang masuk lewat kotak pos, jumlahnya mencapai 22 pelamar. Namun ketika dilakukan seleksi administrasi, yang memenuhi syarat hanya 14 pelamar. Dengan perincian pelamar posisi dirut sebanyak 8 orang dan pelamar posisi dirkeu sebanyak 6 orang.

Ketua Badan Pengawas PD Pasar Surya Kota Surabaya Samba Prawirajaya mengatakan, melihat kenyataan tersebut maka pihaknya memperpanjang lagi hingga 22 Januari mendatang. Harapannya semakin banyak pelamar. “Paling tidak minimal ada 30 pelamar dalam perpanjangan kali ini,” ujar Samba (12/1).

Samba menegaskan, semakin banyak pelamar itu akan lebih semakin baik karena pihaknya memiliki banyak pilihan untuk mendapatkan dirut dan dirkeu yang mumpuni.

“Kalau jumlah pelamarnya sedikit tentu tingkat kompetitifnya dipertanyakan. Apalagi setelah semuanya mengikuti tes, maka ada beberapa nama yang akan diajukan walikota untuk dipilih sebagai dirut dan dirkeu. Kalau jumlah sedikit tentu susah memilihnya,” tegas dia.

Sementara itu Paguyuban Pedagang Pasar Seluruh Surabaya (PPPSS) menolak adanya rekrutmen jajaran direksi PD Pasar Surabaya. Mereka beralasan apa yang dilakukan Pemkot Surabaya ini jelas melanggar Perda no 6 tahun 2008 tentang PD Pasar Surya.

Sesuai aturan, Bawas PD Pasar Surya dibentuk dulu, baru kemudian dilakukan rekrutmen direksi yang dilakukan oleh bawas.

“Ini kan aneh, bahkan nekat pasang iklan rekrutmen dan sekarang malah melakukan rekrutmen. Bawas yang sekarang merektut itu tak sesuai dengan aturan karena jumlahnya hanya ada dua orang. Selain itu unsure pedagang dalam bawas tidak ada. Maka aspirasi pedagang tidak terakomodasi dalam bawas,” kata Husein Ketua PPPSS. (lan/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 28 Maret 2020 14:13 WIB
Oleh: M Cholil NafisSaat saya wawancara di TV atau radio banyak pertanyaan tentang hadits yang menyebutkan bahwa orang yang meninggalkan jum’atan tiga kali berturut-turut jadi keras hatinya bahkan ada yang menyebut kafir dan wajib bersyahadat kemba...
Sabtu, 28 Maret 2020 23:26 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*85. Wayas-aluunaka ‘ani alrruuhi quli alrruuhu min amri rabbii wamaa uutiitum mina al’ilmi illaa qaliilaan.Dan mereka bertanya kepadamu (Muhammad) tentang ruh. Katakanlah, “Ruh itu termasuk urusan Tuhanku,...
Jumat, 20 Maret 2020 00:31 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...