PDIP Akui Mau Calonkan Risma jadi Cagub DKI

PDIP Akui Mau Calonkan Risma jadi Cagub DKI Risma bersama Megawati dan Jokowi. foto: tempo

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan berencana mencari lawan tanding bagi Gubernur Jakarta Inkumben Basuki Tjahaja Purnama. Kandidat yang akan mereka usung salah satunya adalah Wali Kota Surabaya terpilih, Tri Rismaharini. "Kami akan mempertimbangkan peluang itu," ujar Sekretaris Jenderal hasto Kristiyanto, Kamis (7/1).

Menurut Hasto, Risma merupakan kader sekaligus kepala daerah yang terbilang sukses. Keterpilihannya di periode kedua dalam memimpin Surabaya merupakan modal awal yang bisa memuluskan jalannya berkompetisi dalam perebutan kursi Gubernur DKI tahun depan. "Risma punya pengalaman itu," katanya.

Hasto yakin sosok Risma bisa memberikan warna baru untuk menjawab polemik masalah yang terus menghantui perjalanan ibu kota. Khususnya terkait problem banjir, sistem transportasi dan penataan kawasan kumuh. "Jakarta memerlukan sentuhan yang lebih manusiawi dan pemimpin yang memahami rakyat," ujarnya.

Meski demikian, kata Hasto, dukungan atas pencalonan Risma baru akan diputuskan pada Juni 2016, menjelang penetapan pasangan calon. juga tak menutup opsi untuk menyandingkan Risma bersama Ahok, panggilan akrab Basuki Tjahaja Purnama. "Kami akan lihat berbagai peluang berdasarkan hasil survei," kata dia.

Nama Risma belakangan populer dalam survey soal calon Kepala Daerah Jakarta 2017. Cyrus Network, lembaga survei membuat sebuah penelitian apabila Ahok, Risma dan Ridwan bertarung dalam ajang pemilihan Kepala Daerah Jakarta. Ketiga nama itu muncul karena sering menimbulkan kontroversi di masyarakat.

Managing Director Cyrus Network Eko Dafid Afianto mengungkapkan hasil survei lembaganya. Ketika Ahok dihadapkan dengan Emil, 42 persen responden memilih mendukung Ahok, sementara Emil yang mendapat dukungan 38 persen.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO