Lamongan Andalkan Sektor Wisata sebagai Penyumbang PAD

Lamongan Andalkan Sektor Wisata sebagai Penyumbang PAD Komplek makam Sendang Duwur di Lamongan yang kini makin ramai dikunjungi. foto: nurqomar/ BANGSAONLINE

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten Lamongan terus menggenjot pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pariwisata. Pemkab Lamongan sebelumnya sukses memadukan wisata alam, wisata ziarah, dan wisata pantai yang berada di wilayah Utara Kecamatan Paciran seperti Makam Sunan Drajat dan Sendangduwur serta Goa Maharani dan Wisata Bahari Lamongan.

Kini masing-masing wisata tersebut menjadi daya tarik untuk mengundang wisatawan.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Lamongan Eko Priyono ketika dikonfirmasi wartawan mengatakan, kini pihaknya tengah mengembangkan lokasi Wisata pemandian air panas Brumbun yang terletak di Dusun Tepanas, Desa Kranji, Kecamatan Paciran.

Jika dibandingkan dengan pemandian air panas lainnya, pemandian air panas Brumbun jauh lebih sederhana dengan sarana dan prasarana yang seadanya. "Tahun ini akan kita kembangkan dan kita promosikan lebih luas lagi,karena wisata salah satu andalan penyumbang PAD Lamongan ," ujar Eko seraya menjelaskan untuk tahap awal akan dibangun Gapura sebagai tanda masuk lokasi dan pelebaran jalan.

Hal ini tambah Eko yang juga mantan Kabag Pembangunan Pemkab Lamongan tersebut semata-mata untuk meningkatlan PAD.

Untuk tahun 2015 target PAD yang dibebankan Dinas Pariwisata Kab Lamongan sebesar Rp 857.766.000. Sedangkan realisasinya sebesar Rp 857.780.000. "Sudah mencapai target, memang ada peningkatan, tetapi hanya sedikit," ujarnya.

Terkait PAD yang diperoleh dari Wisata Bahari Lamongan (WBL) langsung masuk ke Pemda tidak seperti Waduk Gondang dan Sunan Drajat. "Kita sudah berulang kali minta ke Manajemen WBL, terkait jumlah pengunjung selama tahun 2015. Tapi hingga kini belum diberi, saya tidak tahu kok lama sekali padahal hanya data," ujarnya setengah bertanya. 

Namun demikian, Eko tetap bertekad akan menambah dan memperbaiki fasilitas yang ada di Waduk Gondang supaya tetap menarik pengunjung. "Kita akan benahi dan kita tambah fasilitas seperti yang ada di Taman Alun-alun Lamongan. Ya ada permainan anak-anak dan penambahan Gazebo," ujarnya.

Menurut Eko, sektor wisata bukan saja menjadi sumber PAD Kabupaten Lamongan, tetapi juga akan berdampak baik bagi peningkatan kesejahteraan warga. Geliat pariwisata itu juga menumbuhkan ekonomi warga dan tetap menjadi andalan bagi Lamongan. (lmg1/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO