Banyuwangi Nominator Penghargaan Pariwisata Dunia

Banyuwangi Nominator Penghargaan Pariwisata Dunia Salah satu wisata andalan Banyuwangi, Pantai Pulau Merah.

BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - United Nations World Tourism Organization (UNWTO), sebuah badan Persatuan Bangsa-Bangsa di bidang pariwisata, memasukkan Banyuwangi dalam nominasi UNWTO Awards for Excellence and Innovation in Tourism, untuk kategori Inovasi Kebijakan Publik dan Tata Kelola.

Banyuwangi mewakili Indonesia, bersaing dengan Kolombia, Kenya, dan Puerto Rico. Sementara itu maskapai penerbangan yang selama ini menjadi sponsor klub sepak bola Liverpool Inggris, Garuda Indonesia, menjadi nominator Innovation in Enterprises dengan program Bali Beach Clean Up.

Yayasan Karang Lestari melalui program Coral Reef Reborn menjadi nominator Innovation in Non-Governmental Organizations. Nominator lainnya datang dari Brazil, Lithuania, Spanyol, Swiss, Kamboja, Nepal, Afrika Selatan, Kroasia, dan Korea Selatan.

Para finalis ini disaring dari 109 program lainnya yang digagas oleh negara-negara anggota UNWTO. UNWTO saat ini beranggotakan 157 negara, 6 anggota asosiasi, dan 480 anggota afiliasi dari sektor swasta, lembaga pendidikan, otoritas pariwisata.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi MY Bramuda mengatakan, pihaknya diberi kesempatan untuk mempresentasikan konsep pariwisata berkelanjutan Banyuwangi, dalam UNWTO Awards Forum di Madrid, Spanyol, 18 Januari 2016.

"Para pemenang dan runner-up masing-masing kategori akan diumumkan pada 20 Januari mendatang bersamaan dengan pelaksanaan Madrid International Tourism Trade Fair," kata Bramuda.

Penghargaan ini adalah bentuk apresiasi terhadap berbagai inovasi yang dilakukan di sektor pariwisata dengan melihat efeknya terhadap pemerintahan serta masyarakat. Bramuda akan memaparkan sejumlah strategi Pemerintah Kabupaten Banyuwangi dan kunci sukses membangun pariwisata.

Strategi itu menyangkut identifikasi potensi wisata, upaya menjaga kearifan lokal, hingga menggandeng tangan seluruh pemangku kepentingan untuk mengembangkan dan mempromosikan pariwisata Banyuwangi. (jab/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO