Tinggal Tunggu Tiga Hari, Harmas Dipastikan Menjadi Bupati dan Wakil Bupati Kediri Terpilih

Tinggal Tunggu Tiga Hari, Harmas Dipastikan Menjadi Bupati dan Wakil Bupati Kediri Terpilih Cabup Kediri usai nyoblos 9 Desember lalu. foto: lensaindonesia

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - KPU Kabupaten Kediri melakukan rapat pleno rekapitulasi jumlah suara pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kediri, Kamis (17/12). Dalam penghitungan jumlah suara tersebut terjadi banyak kesalahan pada data pemilih.

Dalam penghitungan tersebut terjadi banyak kesalahan yang terdapat pada Form C-.1 Di antaranya kesalahan jenis kelamin pemilih, kesalahan DPT perbaikan, maupun suara tidak sah.

Untuk itu, panwaslu meminta pihak KPU segera memperbaiki kesalahan tersebut, dengan disaksikan kedua saksi masing-masing pasangan calon dan panwascam.

Komisioner KPU Divisi Sosialisasi Syamsuri mengatakan, rekapitulasi dilakukan dengan mendahulukan PPK yang telah siap. Sementara, PPK yang masih bermasalah diperbaiki secara langsung. Setelah dilakukan rekapitulasi akan dilakukan penetapan hasil rekapitulasi.

Anggota Panwaslu Nasrul Rohmansyah mengatakan, kesalahan yang terjadi baik di tingkat desa maupun kecamatan, harus segera diperbaiki sebelum input data di tingkat kabupaten.

Hasil rekapitulasi suara tahun 2015 diumumkan usai penghitungan suara di 26 kecamatan selesai. Hasilnya sementara ini, jumlah suara paslon nomor urut satu Haryanti-Masykuri (HarMas) adalah 470.918 suara dengan presentase 67,35 persen. Sedangkan jumlah pasangan calon nomor dua Ari-Arifin (AA) memperoleh suara sah 228.311 suara dengan presentase 32,65 persen.

Sesuai paantauan, hampir di 26 Kecamatan, Pasangan Harmas yang diusung PDI Perjuangan ini selalu menang dengan rata-raata perolehan suara sekiar 60 sampai 70 persen.

KPU Kabupaten Kediri akan memberi waktu selama 3 hari untuk memperbaiki hasil hitung suara bila terdapat pasangan calon yang tidak puas dengan hasil tersebut. Setelah 3 hari tidak ada permasalahan, maka KPU akan menetapkan calon terpilih Bupati dan Wakil Bupati Kediri. (rif/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO