Musim Peralihan, 5 Kecamatan di Tuban Rawan Puting Beliung dan Banjir Bandang

Musim Peralihan, 5 Kecamatan di Tuban Rawan Puting Beliung dan Banjir Bandang Hujan mulai mengguyur wilayah tuban. foto: suwandi/BANGSAONLINE

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Peralihan musim kemarau menuju penghujan patut diwaspadai oleh masyarakat yang tinggal di wilayah Kabupaten Tuban. Pasalnya, di musim tersebut rawan bencana seperti puting beliung dan banjir bandang.

Berdasarkan, informasi dari kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tuban, Rabu (18/11) menyebutkan, pada peralihan musim seperti ini minimal terdapat 5 kecamatan yang berpotensi bencana puting beliung dan banjir bandang. Kecamatan tersebut meliputi, Kecamatan Widang, Merakurak, Gerabagan, Montong dan Rengel. Dari 5 kecamatan itu biasanya saat musim peralihan akan terdapat hujan yang lebat dan bercampur petir. Sehingga, akan berpotensi menimbulkan banjir bandang.

Kepala BPBD Tuban, Joko Ludiono pada BANGSAONLINE.com mengatakan, tingkat kewaspadaan dua bencana itu patut diwaspadai oleh masyarakat Tuban. Terlebih, yang tinggal disekitar perbukitan kapur. Pasalnya, sesuai prediksi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), bahwa pada November hingga pertengahan Desember menjadi titik musim peralihan. Sehingga, pada saat itu sangat dimungkinkan menjadi potensi kerawanan bencana puting beliung dan banjir bandang.

“Kami minta masyarakat waspada pada musim peralihan ini,” terangnya.

Ditambahkan Joko menyampaikan, data yang diperoleh BPBD dari BMKG tersebut langsung diteruskan kepada camat dan perangkat desa seluruh Kabupaten Tuban yang meiliki potensi bencana. Sehingga, dengan adanya surat tersebut warga akan menjaga kewaspadaan terhadap bencana yang berada di sekitarnya.

“Untuk surat terusan dari BMKG sudah dilayangkan ke setiap kecamatan maupun perangkat desa, terutama yang daerahnya rawan bencana,” tambah mantan Camat Gerabagan ini.

Semenetara itu, kini 5 kecamatan yang dianggap rawan bencana sedang menjadi pantauan dari BPBD Tuban. Ini dilakukan untuk mengantisipasi korban kecelakaan pada saat bencana terjadi. Sedangkan, laporan dari warga pada BPBD Tuban. Kini wilayah Kabupaten Tuban mulai diguyur hujan. Meskipun intesitas hujan belum merata di 20 kecamatan yang berada di Kabupaten Tuban. (wan/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO