Persiapan Logistik Pilbup Kediri masih 80 Persen

Persiapan Logistik Pilbup Kediri masih 80 Persen

KEDIRI, BANGSAONLINE.com – Meski pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak kurang satu bulan lagi, namun kebutuhan logistik untuk pemilihan bupati (Pilbup) Kediri ternyata masih mengalami kekurangan. Kekurangan tersebut antara lain, surat suara dan formulir C.

Bagian Umum Sekretariat KPU Kabupaten Kediri, Imam mengaku, kekurangan logistik mencapai 20 persen. Kedua jenis logistik surat suara dan formulir C kini masih dalam pencetakan pada rekanan.

“KPU sudah menerima sejumlah logistik dari rekanan, kurang lebih ya 80 persen. Antara lain, tinta, kunci, lem, tali, Daftar Pasangan Calon (DPC), bantalan coblos, alat tulis serta tanda pengenal. Sedangkan sisanya berupa surat suara dan formulir C. Rekanan kini sedang mencetaknya,” kata Imam, Jumat (13/11).

Data dari KPU, tinta yang telah diterima sebanyak 5.660 buah, DPC sebanyak 2.830, dan alat coblos serta bantalan sebanyak 5.660 buah. Sedangkan untuk surat suara yang belum sebanyak 1.239.457 lembar, kemudian tambah 2.000 lembar untuk Pemungutan Suara Ulang (PSU).

KPU mendesak rekanan segera memenuhi kekurangan logistik, sebelum batas akhir tanggal 25 November mendatang, atau 14 hari sebelum masa pencoblosan. Sementara itu, pada Pilkada kali ini, logistik yang diterima KPU sudah dalam bentuk settingan oleh rekanan. Ini berbeda dari Pilpres maupun Pilgub lalu.

Seperti surat suara, rekanan mengirimkan dalam kondisi terlipat. Logistik kemudian dikumpulkan di Kantor KPU, sebelum akhirnya didistribusikan ke masing-masing kecamatan. Nantinya, logistik akan disortir oleh KPPS dan PPS kemudian dimasukkan ke kotak suara. Proses ini diawali langsung oleh PPK. (rif/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO