TPPI kembali Beroperasi, Jokowi: Utamakan Tenaga Kerja dari Warga Sekitar

TPPI kembali Beroperasi, Jokowi: Utamakan Tenaga Kerja dari Warga Sekitar Presiden RI Joko Widodo bersama Ibu Iriana saat berkunjung ke PT TPPI. foto: suwandi/BANGSAONLINE

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Kembali beroperasinya perusahaan kilang minyak Trans-Pacific Petrochemical Indotama (TPPI) yang berada di Desa Remen, Kecamatan Jenu, Tuban membawa angin segar bagi warga sekitar. Pasalnya, Presiden RI, Joko Widodo sudah memberikan isyarat kepada Direktur Utama Pertamina, Dwi Soedjipto agar merekrut warga sekitar supaya dapat bekerja di TPPI.

“Terkait tenaga kerja di TPPI, saya sudah titip kepada Dirut (Direktur Utama Pertamina) agar mengutamakan masyarakat sekitar,” kata Jokowi seusai melakukan foto bersama dengan Menteri dan Dirut Pertamina beserta jajaran di kompleks TPPI, Rabu (11/11).

Dikatakan Jokowi, kini TPPI sudah beroperasi sekitar 70 persen dan pada akhir tahun ditargetkan 100 persen. Bilamana target ini terpenuhi maka perusahaan kilang minyak akan membutuhkan ribuan tenaga kerja. Ini menunjukkan, kembali beroperasinya kilang minyak secara otomatis akan membuka lapangan pekerjaan yang sangat besar.

“Yang pasti dengan kembali beroperasinya ini, masyarakat sekitar yang akan diutamakan bekerja di sini (TPPI),” terang mantan Gubernur DKI Jakarta ini.

Terpisah, Direktur Utama Pertamina Dwi Soedjipto menyatakan, kembali beroperasinya TPPI secara normal, maka akan membutuhkan 1500 tenaga kerja. Sehingga, kemungkinan warga sekitar akan mendapatkan peluang untuk bekerja di TPPI.

“Warga sekitar akan mendapatkan peluang bekerja di sini (TPPI) dengan kemapuan yang dibutuhkan perusahaan,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Tuban, Ir Noor Nahar Husein menyambut baik keinginan Jokowi tersebut. Menurutnya, Pemkab akan berupaya memperjuangkan warga Tuban supaya dapat bekerja di TPPI. Sedangkan, terkait skill dan kemampuan, Pemkab akan meningkatkan SDM warga guna memenuhi syarat kerja di TPPI.

“Akan kami usahakan, supaya warga Tuban dapat bekerja di TPPI,” kata wabup kepada BANGSAONLINE.com. (wan/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO