Jumat, 20 September 2019 05:07

Kunjungi Kandangan, Haryanti Siap Bantu Warga Wujudkan Desa Wisata

Kamis, 01 Oktober 2015 17:42 WIB
Kunjungi Kandangan, Haryanti Siap Bantu Warga Wujudkan Desa Wisata
BLUSUKAN: Hj. Haryanti (kerudung hijau) saat ngobrol bersama warga sambil menikmati alam terbuka dan jajanan ndeso khas Desa Medowo Kecamatan Kandangan, Kabupaten Kediri. foto: arif kurniawan/BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Wilayah Kabupaten Kediri cukup luas, yakni dengan 26 Kecamatan yang bisa dikembangkan potensinya. Melihat potensi tersebut, calon Bupati Kediri Hj. Haryanti mendukung sejumlah desa yang ingin membentuk desa wisata.

Seperti yang diutarakan saat kunjungannya ke Desa Medowo Kecamatan Kandangan, Kabupaten Kediri. Di sana, warga mempunyai keinginan untuk membentuk desa wisata. Beberapa warga menyampaikan aspirasinya dan meminta dukunganya kepada Hj. Haryanti untuk bisa membentuk desa wisata. “Sebelum membentuk desa wisata, harus dipersiapkan juga segala sesuatunya,” ujar Hj. Haryanti, Rabu (30/9).

Wanita yang baru saja lengser sebagai Bupati karena berakhirnya masa jabatan ini memberikan masukan kepada warga, bahwa untuk bisa menjadi desa wisata harus ada sesuatu yang bisa dijual. Baik itu panorama alamnya maupun kulinernya.

Menurutnya kalau hanya mengandalkan panorama alam saja tidak cukup, bahkan juga sulit untuk menarik wisata ke desa setempat. ”Coba di sini apa yang bisa dijual atau yang menarik bagi wisatawan,” tanya Hj. Haryanti kepada sejumlah warga.

Mendapat pertanyaan tersebut, sejumlah warga Desa Medowo langsung menjelaskan, kalau desa setempat cukup berpotensi untuk dijadikan desa wisata. Di antaranya yang bisa dijual adalah panorama alamnya yang indah.Yakni suasana pegunungan. Selain itu di sana juga ada perkebunan kopi dan coklat yang menambah daya tarik tersendiri bagi desa setempat. Belum lagi juga wisata kulinernya. Yakni ada kopi bacem yang tidak kalah enaknya dengan kopi luwak.

”Di sini salah satu produk unggulannya di antaranya kopi bacem, yang rasanya tidak kalah degan kopi luwak, akan tetapi harganya terjangkau,” jelas Andi Handno warga setempat.

Selain kopi Bacem di Desa Medowo juga memproduksi susu segar sapi yang merupakan hasil olahan warga sendiri. Yang mana tingkat kebersihan dan kesehatanya juga terjaga..” Di sini warga yang ternak sapi kurang lebih ada 500 warga,” jelas Andi lebih lanjut.

Bahkan Andi juga menjelaskan kalau satu kilo dari Desa Medowo juga terdapat air terjun yang tidak kalah bagusnya dari air tejun Sedudo yang ada di Kabupaten Nganjuk. ”Di sini kalau liburan juga banyak orang dari luar kota yang bekunjung ke Desa Medowo. Baik hanya sekedar camping atapun hanya menikmati pemandangan alam saja,” urainya.

Mendapat penjelalsan tersebut, Hj. Haryanti mempunyai rencana untuk memberikan bantuan berupa semen dan pipa. Yang mana dengan bantuan tersebut diharapkan warga setempat bisa terangsang dan semakin semangat untuk menjadikan Desa Medowo sebagai Desa Wisata.

Untuk diketahui, sebelum Hj Haryanti datang ke Desa Medowo, sebelumnya ia juga sempat berkunjung ke Jembatan yang menghubungkan desa Jeruk Gulung dan Desa Kraseman. Di sana Hj Haryanti memantau jembatan yang baru selesai dibangun.

“Sebelumnya kami wakil dari Desa Kasreman mengucapkan terimakasih atas bantuan Hj. Haryanti yang telah membantu dalam pembangunan jembatan tersebut,” jelas tokoh masyarajat desa setempat. (rif/rev)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Jumat, 23 Agustus 2019 22:22 WIB
NGAWI, BANGSAONLINE.com - Masyarakat Kabupaten Ngawi dan sekitarnya kini sedang gandrung dengan destinasi wisata baru di Desa Bringin, Kecamatan Bringin, Ngawi. Di mana, salah satu obyek wisata yang dikenal dengan nama 'Jurang Krowak' banyak men...
Rabu, 11 September 2019 18:57 WIB
Oleh: Em Mas'ud Adnan*Indonesia – terutama Jawa Timur – memang sepotong taman surga. Tanah subur, pohon rimbun, air mengalir dan gunung bertebaran menghiasi alam. Indah luar biasa. Masih ditambah satu anugerah lagi: keajaiban alam!Lihatlah blue...
Jumat, 13 September 2019 23:27 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag61. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa qaala a-asjudu liman khalaqta thiinaanDan (ingatlah), ketika Kami berfirman kepada para malaikat, “Sujudlah kamu semua kepada Adam,” ...
Sabtu, 17 Agustus 2019 11:29 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...