Kunjungi Kandangan, Haryanti Siap Bantu Warga Wujudkan Desa Wisata

Kunjungi Kandangan, Haryanti Siap Bantu Warga Wujudkan Desa Wisata BLUSUKAN: Hj. Haryanti (kerudung hijau) saat ngobrol bersama warga sambil menikmati alam terbuka dan jajanan ndeso khas Desa Medowo Kecamatan Kandangan, Kabupaten Kediri. foto: arif kurniawan/BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Wilayah Kabupaten Kediri cukup luas, yakni dengan 26 Kecamatan yang bisa dikembangkan potensinya. Melihat potensi tersebut, calon Bupati Kediri Hj. Haryanti mendukung sejumlah desa yang ingin membentuk desa wisata.

Seperti yang diutarakan saat kunjungannya ke Desa Medowo Kecamatan Kandangan, Kabupaten Kediri. Di sana, warga mempunyai keinginan untuk membentuk desa wisata. Beberapa warga menyampaikan aspirasinya dan meminta dukunganya kepada Hj. Haryanti untuk bisa membentuk desa wisata. “Sebelum membentuk desa wisata, harus dipersiapkan juga segala sesuatunya,” ujar Hj. Haryanti, Rabu (30/9).

Wanita yang baru saja lengser sebagai Bupati karena berakhirnya masa jabatan ini memberikan masukan kepada warga, bahwa untuk bisa menjadi desa wisata harus ada sesuatu yang bisa dijual. Baik itu panorama alamnya maupun kulinernya.

Menurutnya kalau hanya mengandalkan panorama alam saja tidak cukup, bahkan juga sulit untuk menarik wisata ke desa setempat. ”Coba di sini apa yang bisa dijual atau yang menarik bagi wisatawan,” tanya Hj. Haryanti kepada sejumlah warga.

Mendapat pertanyaan tersebut, sejumlah warga Desa Medowo langsung menjelaskan, kalau desa setempat cukup berpotensi untuk dijadikan desa wisata. Di antaranya yang bisa dijual adalah panorama alamnya yang indah.Yakni suasana pegunungan. Selain itu di sana juga ada perkebunan kopi dan coklat yang menambah daya tarik tersendiri bagi desa setempat. Belum lagi juga wisata kulinernya. Yakni ada kopi bacem yang tidak kalah enaknya dengan kopi luwak.

”Di sini salah satu produk unggulannya di antaranya kopi bacem, yang rasanya tidak kalah degan kopi luwak, akan tetapi harganya terjangkau,” jelas Andi Handno warga setempat.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO